Buah Perubahan Hidup

RHEMA HARI INI
Matius 3:8   Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.

Seorang bapak berdiri di pinggir jalan sambil membagi-bagikan traktat kepada setiap orang yang lewat disitu. Sesekali ia menjelaskan isi traktat tersebut kepada orang yang tertarik. Anak gadisnya yang masih berusia 10 tahun mendampinginya sambil membawa balon warna warni bertuliskan ‘Jesus Christ.’ Sementara agak jauh di tempat yang lebih teduh, istrinya yang menggendong anak keduanya yang masih bayi berjualan es jus. Tiba-tiba seorang berandalan mendekati bapak yang sedang membagikan traktat itu. “Apa yang kau bagikan pak? Traktat lagi? Apa isinya? Kau bilang berita keselamatan? Berita pengampunan? Berita pemulihan?” olok berandalan itu sambil tertawa terkekeh-kekeh. Lalu lanjutnya, “Mimpi kamu pak…! Keselamatan itu hanya untuk orang yang baik. Pengampunan? Pemulihan? Cuman orang baik pak yang bisa mendapatkannya… Mimpi kamu pak…!” Tiba-tiba anak gadis bapak itu yang masih berusia 10 tahun berteriak, “Bapak saya tidak sedang bermimpi! Dulu bapak saya pulang larut malam setiap hari, dan dalam keadaan mabuk. Ibu saya dipukuli setiap hari. Saya hampir saja putus sekolah karena bapak saya tidak mau bekerja. Tapi sejak menerima berita keselamatan itu, bapak saya berubah 100%. Bapak saya tidak lagi suka mabuk, bapak saya tidak lagi memukuli ibu saya, hidup kami menjadi lebih baik,” teriak anak itu dengan berlinangan air mata. “Kalau bapak saya memang bermimpi, tolong jangan bangunkan bapak saya dari mimpinya!!!” Sekarang anak itu sudah menangis dengan keras. Berandalan itu tertegun, lalu pergi meninggalkan mereka.
Bapak dalam kisah diatas sudah hampir kehilangan kepercayaan dari keluarganya. Namun sejak pertobatannya, ia bisa memenangkan kembali hati keluarganya karena ia bisa menunjukkan buah pertobatan yang sungguh-sungguh nyata. Demikian juga dengan kita, rekening hubungan keluarga kita akan menjadi positif, kalau buah-buah perubahan yang nyata bisa dirasakan oleh keluarga kita. Kalau keluarga kita bisa merasakan buah-buah pertobatan yang manis dalam diri kita, tidak bisa tidak rekening emosi mereka pasti berubah terhadap kita! Tadinya sangat negatif, sekarang menjadi sangat positif. Oleh sebab itu hasilkanlah buah yang manis. Hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. Jadilah berkat bagi keluarga anda. Saat kita menghasilkan buah-buah pertobatan yang bisa dinikmati oleh keluarga kita, saat itulah Tuhan menjamah hati mereka, mengubah rekening emosi yang negatif jadi positif sehingga pemulihan yang indah Tuhan kerjakan atas keluarga kita!!!
RENUNGAN
Menunjukkan buah-buah perubahan hidup yang nyata adalah salah satu cara efektif untuk memenangkan kembali hati keluarga kita.

APLIKASI
1. Apakah kita sudah menghasilkan buah pertobatan yang manis?

2. Apakah yang akan kita lakukan agar hubungan keluarga kita menjadi positif?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya bahwa kalau kami menghasilkan buah-buah pertobatan yang nyata dalam hidup kami maka hubungan keluarga kami menjadi positif. Tolong kami Roh Kudus agar kami dapat menghasilkan buah-buah pertobatan yang nyata dalam hidup kami sehingga hubungan keluarga kami menjadi positif. Amin.