Bukan Hanya Baik Tetapi Taat

Renungan Keluarga Allah
Senin, 22 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

1 Samuel 15 : 1 – 35

RHEMA HARI INI

1 Samuel 15:22b …Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Andy adalah seorang pegawai rendahan di sebuah perusahaan besar. Dia hanyalah pekerja upahan yang tugasnya membersihkan ruangan kantor dan menyiapkan keperluan-keperluan pegawai di tempatnya bekerja. Setiap hari, dia selalu berangkat lebih awal dari jam masuk perusahaannya dan ketika pulang, dia akan pulang paling terakhir. Andro bekerja di perusahaan yang sama dengan Andy, namun dia berada di bagian keuangan perusahaan. Tidak seperti Andy, Andro sering terlambat datang ke kantor dan dia akan tergesa-gesa pulang saat jam pulang kantor tiba.

Andy dengan tekun melakukan setiap tugas yang diberikan oleh atasannya, dia tidak pernah mengeluh dan selalu bekerja dengan sepenuh hati. Lain halnya Andro, dia akan kelihatan sibuk sekali ketika atasannya ada di kantor. Tetapi dia akan sibuk bermain komputer saat atasannya tidak ada di kantor. Apabila Andro disuruh mengerjakan suatu pekerjaan, dia akan dengan semangat menjawab “iya”, namun pada kenyataannya dia bermalas-malasan mengerjakannya bahkan kadang-kadang tidak dikerjakannya.

Suatu hari, perusahaan melakukan penilaian kinerja karyawan dan untuk karyawan berprestasi akan diberikan penghargaan. Andy adalah salah satu yang menerima penghargaan sebagai pegawai teladan, bahkan dia mendapat promosi jabatan yang lebih tinggi. Sementara Andro dipindah tugaskan ke kantor cabang yang lebih kecil. Direktur perusahaan tersebut ternyata mengamati Andy, bagaimana dia bekerja, ketaatannya kepada pimpinan dan ketekunannya dalam bekerja.

Seperti Andy yang tekun dan taat mengerjakan setiap hal yang dipercayakan kepadanya, kita pun juga seharusnya demikian. Kita harus taat kepada atasan kita, pimpinan kita, orangtua kita, guru kita dan terlebih kepada Tuhan. Bukan hanya sekedar terlihat baik, tetapi kesungguhan hati kita. Berbuat baik tidak lah salah, namun baik saja belum cukup. Kita perlu taat, karena ketaatan mencerminkan bagaimana sikap hati kita kepada siapapun dan apapun. Ketaatan adalah kualitas hati yang Tuhan cari.

Ketaatan merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita taat, hati Tuhan disukakan dan itu akan mendatangkan anugerah dan berkat-berkat yang luar biasa dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, mari kita kembangkan dengan sungguh-sungguh hati yang taat ini dalam kehidupan kita masing-masing. (LEW)

RENUNGAN

Lebih dari sekedar orang baik, Tuhan mencari dan menyukai orang yang HATINYA TAAT.

APLIKASI

  1. Periksa diri kita, Apakah kita sudah taat atau hanya sekedar baik saja?
  2. Hal apa yang menghalangi Anda untuk bisa taat?
  3. Komitmen apa yang Anda buat dalam hal ketaatan?

DOA UNTUK HARI INI

Terima kasih Tuhan, Engkau mengingatkan kami untuk taat dan bukan hanya berbuat baik. Kami mau menyukakan hati-Mu Tuhan, karena itu ajari kami supaya memiliki ketaatan kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amien

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kejadian 16-18