CARA KERJA ROH KUDUS YANG TIDAK TERBATAS

RHEMA HARI INI

Yesaya 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Ketika kita membaca firman Tuhan dalam Yesaya 55: 8-9, seringkali kita berfikir bahwa Tuhan punya rencana yang berbeda dengan apa yang kita rencanakan. Bahkan perbedaannya sangat jauh, seperti langit dan bumi. Semua itu tidak salah. Tetapi ketika kita renungkan lebih dalam lagi, di sana dituliskan bahwa ‘Setinggi langit di atas bumi, setinggi itulah pikiran-Ku DI ATAS pikiranmu, dan jalan-Ku DI ATAS jalanmu (Yesaya 55:9 BIMK). Kata-kata ‘DI ATAS’ menunjukkan bahwa TUHAN PUNYA RENCANA YANG JAUH LEBIH BESAR, bahkan sangat besar melebihi visi yang sudah kita rencanakan bagi hidup kita.

Inilah yang dialami Yusuf. Ia pikir, hidupnya sudah terarah. Ia punya visi untuk menjadi pemimpin. Dan di rumah ayahnya, ia juga dibekali banyak ilmu. Secara manusia itu sudah cukup. Ia bisa menjadi pemimpin di rumah ayahnya. Tetapi ternyata TUHAN PUNYA RENCANA DAN VISI YANG LEBIH BESAR. Dan dengan skenario-Nya yang tidak terduga, Yusuf dibawa naik jauh melebihi ekspektasi manusia. Ia bukan hanya menjadi pemimpin di rumah ayahnya, tetapi menjadi pemimpin besar atas seluruh Mesir. Itulah ajaibnya jalan Tuhan!

Hal yang sama juga PASTI akan terjadi dalam hidup kita. Pandemi bisa saja membuat kita banyak mengalami kemunduran. Kita harus berjuang mencari jalan keluar. Kita mulai membuat rencana bagi hidup kita. Tetapi jangan pernah lupakan bahwa apa yang Tuhan rencanakan atas hidup kita JAUH LEBIH BESAR DARI APA YANG SANGGUP KITA PIKIRKAN. Karena itulah kita butuh tuntunan-Nya lebih dari sebelumnya. Jangan menyerah dengan apapun yang sedang kita hadapi. Ambillah komitmen untuk naik ke loteng atas. Cari perkenanan-Nya, kembalilah kepada hubungan yang dekat dengan Tuhan dan jangan ijinkan kasih mula-mula kita padam. Maka, kita pun akan dibawa melewati jalan-Nya yang tidak terduga dan kita akan melihat visi dan rencana-Nya yang jauh lebih besar dari yang sanggup kita pikirkan, digenapi dalam hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN

Roh Kudus bisa bekerja dengan CARA YANG SANGAT BERBEDA dengan skenario yang ada di pikiran kita, sebab CARA KERJA-NYA TIDAK TERBATAS.

APLIKASI

1. Rencana apa yang sudah Anda buat untuk masa depan Anda?
2. Sejauh mana Anda melibatkan Tuhan dan meminta tuntunan-Nya dalam setiap rencana yang sudah Anda buat tersebut?
3. Perbedaan apa yang Anda dapati dalam menjalankan rencana dengan melibatkan Tuhan dengan yang tidak melibatkan?

DOA UNTUK HARI INI

Roh Kudus, terimakasih karena Engkau adalah Pribadi yang setia menuntun kami. Kami percaya bahwa Engkau memiliki rencana yang besar dalam hidup kami. Ajari kami memahami rencana-Mu, ya Tuhan, dan inilah komitmen kami, bahwa kami akan berjalan seturut dengan tuntunan-Mu. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!