23 November 2015: Datang Kepada Tuhan Dan Menerima Kelegaan

BACAAN HARI INI

Matius 28:1-30

RHEMA HARI INI

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Di sebuah pabrik pengolahan kapas, ada sebuah kartu yang ditempelkan di dinding tempat bekerja yang berbunyi: “Jika benang Anda ruwet datanglah kepada mandor.” Suatu hari, benang seorang pekerja baru ruwet, dan dia mencoba mengurainya, tetapi justru membuatnya makin ruwet. Kemudian, dia datang kepada mandor. Mandor itu datang dan melihat. Dia lalu berkata kepadanya, “Apakah Anda mencoba mengurainya sendiri?” “Ya,” jawabnya. “Mengapa Anda tidak datang kepada saya sesuai perintah?” “Saya mencoba melakukan yang terbaik,” ujarnya. “Tidak, Anda tidak melakukan yang terbaik,” ujar mandor itu. “Ingat, melakukan yang terbaik adalah datang kepada saya.”

Jalan terbaik untuk melepaskan diri dari keruwetan hidup serta beban berat yang menindih hidup kita adalah datang kepada Tuhan Yesus. Bukan berarti saat kita datang kepada Tuhan lalu otomatis semua keruwetan dan beban kita lenyap begitu saja, tentu saja tidak. Tetapi Tuhan berjanji bahwa IA akan memberikan kelegaan bagi kita.

Dengan cara apa ? Dengan cara memikul kuk yang IA pasang (Matius 11:29). Jangan takut, kuk yang IA pasang itu enak dan beban kita akan menjadi ringan. Apakah kuk dari Tuhan itu? Kuk itu adalah perintah-perintah-Nya yang harus kita taati. Saat mentaati Firman-Nya, mungkin keinginan daging kita harus dikorbankan, itulah sebabnya mengapa perintah Tuhan itu disebut sebagai ‘kuk’ bagi kita. Tetapi percayalah bahwa seberat-beratnya daging kita melakukan perintah Tuhan, masih jauh lebih berat bagi kita kalau kita tidak melakukan perintah Tuhan.

Itu sebabnya, ambillah keputusan hari ini untuk datang kepada Tuhan. Apapun situasi yang saat ini sedang Anda hadapi, Tuhan sanggup untuk memberikan kelegaan dalam hidup Anda. Asal Anda mau percaya, taat dan mengikuti sepenuhnya apa yang menjadi keinginan Tuhan bagi hidup Anda.

RENUNGAN

Seberapapun LETIH LESU dan beratnya bebanmu sekarang ini, Tuhan akan memberikan KELEGAAN kepadamu.

APLIKASI

1. Apa yang akan Anda lakukan untuk membawa beban berat Anda kepada Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, kami mengucap syukur karena memiliki Bapa yang kekal seperti Engkau. Bapa yang sanggup memberikan kelegaan dalam hidup kami ketika kami sedang letih lesu dan berbeban berat. Terimakasih Tuhan, kami aman dan sejahtera di dalam Engkau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 21-24