Dibentuk Menjadi Indah

HARI 3# DIBENTUK MENJADI INDAHRHEMA HARI INI
Yesaya 42:6 “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,

Didalam sebuah museum, terdapat sebuah patung marmer yang sangat indah, dan juga lantai marmer. Si patung ditanya oleh si lantai, “Kamu enak sekali, orang-orang yang datang ke museum ini banyak yang memuji-muji kamu, sementara saya diinjak-injak orang, padahal kita kan dari gunung yang sama”.

Si patung menjawab, “Iya, kita memang dari gunung yang sama, tapi ingat tidak waktu kita dulu akan diambil oleh si tukang pahat, karena kamu tidak mau dipahat, kamu jadi lantai saja, diinjak-injak orang, sakit lho dibentuk oleh si tukang pahat, tetapi setelah dibentuk, aku bisa jadi patung yang indah yang banyak dipujui orang ini. Selalu ada harga yang harus dibayar.”

Dibentuk memang sangat menyakitkan, namun pembentukan selalu bertujuan untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Saul belum dibentuk langsung jadi raja, akhirnya ia gagal menjadi raja yang baik. Daud dibentuk dulu setelah itu baru jadi raja sehingga bisa menjadi raja yang lebih baik. Ayub juga setelah dibentuk oleh Tuhan menjadi lebih mengenal dan percaya pada Tuhan (Ayub 42:5). Lamanya pembentukan tergantung yang dibentuk; Makin keras makin lama, Makin lunak makin cepat selesai. Artinya makin kita mengeraskan hati maka makin lama kita dibentuk, tapi makin lunak/taat/menurut maka makin cepat selesai!!! Marilah kita melembutkan hati kita waktu kita dibentuk. Jangan keraskan hati kita waktu dibentuk sehingga pembentukan dalam hidup kita cepat selesai!!! Bahkan makin berat proses pembentukannya maka akan dipakai untuk hal-hal yang makin mulia. Pohon kayu yang hanya dipotong lalu dipakai hanya bisa dipakai untuk hal-hal yang biasa. Tapi yang melalui banyak proses akan dipakai menjadi barang-barang yang berharga. Kalau Anda mengalami pembentukan atau musim gugur dalam hidup Anda saat ini, pastikan Anda percaya bahwa Anda akan dipakai Tuhan dalam perkara yang jauh lebih mulia lagi.

RENUNGAN
Musim gugur adalah proses Tuhan supaya kita makin indah dan berbuah banyak bagi kemuliaan-Nya.

APLIKASI
1. Ketika Tuhan membawa Anda beralih ke musim kehidupan yang berbeda, apakah yang akan Anda lakukan?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat dihadapan Tuhan untuk berani masuk dalam musim kehidupan yang baru?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur Engkau ada di setiap musim kehidupan kami. Ajar kami berani melangkah meninggalkan musim yang sudah berlalu dan berjalan menuju musim yang baru yang Tuhan sudah sediakan bagi kami. Kami percaya di depan sanapun anugerah-Mu sudah Engkau siapkan bagi kami. Terimakasih Tuhan. Amin.