DIPERLUKAN PEMULIHAN HATI DAN JIWA UNTUK MASUK DALAM KEMULIAAN TUHAN

BACAAN HARI INI

Amsal 17:1-28

RHEMA HARI INI

Amsal 17:22 FAYH Hati yang gembira bagaikan obat yang manjur, tetapi semangat yang patah membuat orang sakit.

Dalam kitab Mazmur 73, diceritakan tentang Asaf yang adalah seorang nabi dan penyanyi utama di Bait Suci. Meskipun demikian, ia pernah nyaris tergelincir dalam kehidupannya. Ia merasa cemburu dan iri melihat orang jahat atau orang fasik bertambah makmur hidupnya. Mereka mujur, bahagia-bahagia saja dan sepertinya tidak mengalami kesusahan ataupun terkena tulah atas kejahatan mereka. Mereka menyombongkan diri dan bertingkah arogan. Mereka bertambah kaya dan bisa melakukan apa saja yang mereka sukai. Padahal Asaf melihat bahwa mereka ini tidak menghormati Tuhan dan tidak peduli pada orang lain.

Tetapi Asaf tidak lantas berhenti pada kekecewaan. Ia justru masuk ke dalam tempat kudus Allah (ay.17) Dan Allah kemudian menunjukkan kesudahan mereka kepada Asaf. Allah memegang tangan kanan Asaf, menuntunnya dengan nasihat-Nya dan kemudian mengangkatnya dalam kemuliaan. Ya, Tuhan tidak hanya memegang tangan kanan orang yang dekat kepada-Nya dan melindunginya. Belajar dari kisah Asaf diatas, ketika hati dan jiwa kita sedang tidak beres, jangan justru menjauh dari Tuhan. Sebab hati dan jiwa yang bermasalah, bukan hanya bisa memporakporandakan hidup kita, tapi juga menghalangi tergenapinya rencana Tuhan dalam hidup kita. Datanglah dengan segala pertanyaan yang berkecamuk dalam hati kita kepada Tuhan, curahkan isi hati kita kepada-Nya. Maka Dia akan menuntun, memberi nasihat, memulihkan dan menyembuhkan kekecewaan, kemarahan dan sakit hati maupun jiwa kita.

Penghujung tahun 2020 sudah di depan mata, jika ada diantara kita yang merasa belum mengalami kemuliaan Tuhan, cobalah koreksi dan periksa hati dan jiwa kita masing-masing. Masih adakah sesuatu yang belum kita bereskan di hadapan Tuhan? Belajarlah untuk berserah dan percaya pada Tuhan. Dialah satu-satunya yang memahami seluruh isi hati kita dan sanggup memulihkannya. Buka hati dan biarkan Tuhan bekerja sehingga hidup kita semakin hari makin berkenan, sampai akhirnya kita dapat melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan atas hidup kita.

RENUNGAN

Hati dan jiwa yang BERMASALAH bukan hanya dapat memporakporandakan hidup kita, tetapi juga MENGHALANGI TERGENAPINYA rencana Tuhan.

APLIKASI

1. Mengapa Anda perlu mengalami pemulihan hati dan jiwa terlebih dahulu supaya Anda bisa masuk dan mengalami kemuliaan Tuhan?
2. Sudahkah Anda mengalami pemulihan hati dan jiwa?
3. Jika belum, komitmen apa yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan siang hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih untuk anugerah-Mu. Kami bersyukur memiliki Tuhan yang penuh kasih dan mengenal isi hati setiap kami. Pulihkan hati kami ya Tuhan, agar kami dapat masuk dalam kemuliaan-Mu. Biar melalui hidup kami, nama-Mu saja yang semakin dipermuliakan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!