Doa Berkat Mendatangkan Perubahan Dan Kemenangan

BACAAN HARI INI
Kejadian 32:22-32

RHEMA HARI INI
Kejadian 32:26 Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.”

Bagi pasangan yang akan menikah, doa restu dan berkat dari orangtua sangatlah penting. Begitupun dengan mereka yang akan memulai suatu usaha, mengadakan perjalanan atau hanya sekedar pergi meninggalkan rumah untuk sekolah atau bekerja. Jika kita pernah memikirkan, segala sesuatu bisa berjalan dengan lancar atau kita beroleh kemudahan-kemudahan. Kita terlindungi saat di perjalanan dan pertolongan-pertolongan tak terduga muncul disaat yang tepat, adalah karena doa berkat yang kita terima.

Yakub sangat mengerti pentingnya doa berkat. Ketika Yakub hendak kembali ke Kanaan, ia takut akan kemarahan Esau kakaknya, yang telah ia tipu untuk mendapat hak kesulungan. Di perjalanan, Yakub bergumul semalam-malaman dengan seorang laki-laki, ia tidak mau lepaskan sebelum laki-laki itu memberkatinya (Kejadian 32:26). Artinya Yakub semalaman meminta berkat dari Tuhan. Yakub tidak berhenti berdoa sampai Tuhan berbelas kasihan dan memberikan berkat perkenanan-Nya agar ia terluput dari pembalasan Esau.

Kita memang tidak bisa melihat wujud doa berkat secara kasat mata, seperti oksigen yang tak nampak wujudnya. Tapi oksigen itu ada dan sangat nyata. Bahkan kita amat sangat membutuhkannya. Kita tidak dapat hidup tanpa oksigen. Dalam ibadah, jangan mau pulang sebelum menerima doa berkat. Jika kita buru-buru pulang karena tidak mau terkena macet atau berdesak-desakan dan kehilangan waktu mungkin setengah atau satu jam karenanya, yang terjadi sebenarnya adalah, kita malah kehilangan waktu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sebab apa yang sesungguhnya kita bisa lakukan dengan lebih cepat karena kita menerima berkat dari Tuhan, justru jadi terhambat dan menghabiskan waktu jauh lebih lama. Di alam roh, sesuatu sedang macet dalam hidup kita. Tuhan memakai mulut hamba Tuhan untuk memberkati kita dalam doa berkat setelah ibadah. Dan waktu doa itu diaminkan, dalam alam roh kita sedang menerima sesuatu. Kita terima berkat percepatan, kesembuhan, pemulihan dan semua yang baik yang Tuhan ingin berikan pada kita. (PF)

RENUNGAN
JANGAN PULANG sebelum menerima DOA BERKAT, sebab doa berkat BUKAN HANYA FORMALITAS untuk menutup ibadah.

APLIKASI
1.    Apakah doa berkat diakhir ibadah merupakan sesuatu yang penting bagi Anda? Apa alasannya?
2.    Bagaimana doa berkat mempengaruhi hidup Anda selama ini?
3.    Apa perbedaan yang Anda rasakan dan alami saat Anda menerima doa berkat dengan penuh iman kepercayaan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampuni kami bila selama ini kami tidak menyadari pentingnya doa berkat dalam hidup kami. Kami meminta berkat akhir tahun untuk menutup tahun 2019 ini, untuk memasuki tahun 2020 dengan penuh berkat dan anugerah melimpah dari-Mu. Kami percaya, berkat-Mu menjadikan tahun depan adalah tahun yang penuh harapan dan kemenangan. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.