DOSA ADALAH PENGHALANG MENUJU ANUGERAH TUHAN

RHEMA HARI INI

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

International Civil Aviation Organization (ICAO) menetapkan beberapa daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat. Barang-barang itu antara lain benda tajam, benda cair, senjata api, bahan peledak, benda dengan kandungan gas, dan produk segar dari hewan. Semua barang itu tidak boleh masuk kabin dengan alasan yang sangat jelas. Benda tajam misalnya, selain dilarang karena alasan keamanan dan keselamatan para penumpang juga dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas penerbangan secara keseluruhan. Singkat kata, semua aturan yang ditetapkan ICAO itu adalah untuk memastikan bahwa penumpang yang masuk ke dalam kabin adalah penumpang yang benar-benar sudah bersih dan aman dari benda-benda yang memiliki potensi membahayakan keselamatan bersama.

Di tengah sengitnya penganiayaan pengikut Kristus, penulis kitab Ibrani berusaha memperkuat iman orang-orang kristen Yahudi yang saat itu sedang mengalami keputusasaan berat. Melalui suratnya ia mendorong jemaat untuk tetap mempertahankan pengakuan iman mereka kepada Kristus. Ia menyemangati jemaat supaya terus maju menuju kedewasaan rohani. Ia juga mengingatkan jemaat untuk tidak kembali kepada kehidupan lama yang bertolak belakang dengan iman kepercayaan kepada Kristus. Bahkan ia menegaskan bahwa semua yang sedang mereka alami saat itu adalah sebuah perjuangan yang memang wajib untuk dijalani.

Tahun Roh Kudus yang saat ini sedang kita jalani berbicara tentang tahun kekudusan. Untuk bisa masuk dan mengalami tahun Roh Kudus ini kita wajib hidup dalam pertobatan. Kita harus semakin menguduskan diri supaya kita menjadi pribadi yang murni dan berintegritas. Sama seperti aturan masuk kabin pesawat tadi, kita pun wajib menanggalkan semua dosa-dosa supaya kita boleh masuk dan mengalami hadirat Tuhan yang kudus. Tentu saja untuk menanggalkan semua beban dan dosa tidaklah ringan. Tetapi hal itu adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama dengan Roh Kudus. Dialah Sang Penolong kita sehingga kita mampu menjalaninya. Marilah malam ini kita buka hati lebar-lebar untuk Roh Kudus. Ijinkan Dia masuk membentuk kita menjadi pribadi baru yang kudus. Sebab ketika kita menjadi pribadi yang penuh dengan roh kudus maka anugerah Tuhan pun akan memenuhi seluruh aspek hidup kita.

RENUNGAN

TANGGALKAN DOSA yang selama ini menjadi PENGHALANG menuju ANUGERAH Tuhan.

APLIKASI

1. Menurut Anda, mengapa dosa menjadi penghalang menuju anugerah Tuhan?
2. Coba periksa hati Anda,masihkah ada dosa yang menghalangi anugerah Tuhan dalam hidup Anda?
3. Apa komitmen Anda tentangnya?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, ampuni kami jika kami masih menyimpan dan sulit meninggalkan dosa kami. Tetapi kami percaya, dengan pertolongan Roh Kudus kami akan mampu menanggalkan setiap dosa yang menghalangi kami menerima anugerah dari-Mu. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!