Dukungan Ilahi Membuat Hidup Kita Bersinar

BACAAN HARI INI
Matius 5:13-16

RHEMA HARI INI
Matius 5:14-15 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Salah satu tokoh alkitab yang hidupnya tak pernah lepas dari dukungan Ilahi adalah Musa. Ia dilahirkan saat terjadi bahaya besar yang mengancam bangsa Israel di tanah Mesir. Karena takut populasi bangsa Israel makin banyak di Mesir, raja Mesir yang baru memerintahkan membunuh setiap bayi laki-laki bangsa Israel. Ibu Musa pun menaruh bayi Musa di sungai Nil dalam sebuah peti pandan. Karena dukungan Ilahi, putri Firaun yang hendak mandi di sungai Nil, menemukan bayi Musa. Dan putri itu berbelas kasihan padanya, sehingga mengangkatnya menjadi anak. Bukan saja tidak jadi dibunuh, tapi Musa menjadi anak angkat putri Firaun dengan segala fasilitasnya.

Namun karena satu kesalahan, Musa membunuh seorang Mesir yang menganiaya seorang Ibrani, Musa terpaksa harus melarikan diri ke padang gurun. Selama 40 tahun Musa harus hidup di Midian, jauh dari istananya yang nyaman. Dari seorang pangeran menjadi penggembala kambing domba. Sampai Tuhan menemuinya dalam semak duri yang menyala namun tidak terbakar. Tuhan mengutusnya untuk kembali ke Mesir dan menyelamatkan bangsanya dari perbudakan. Tuhan berjanji akan menyertai Musa dengan kuasa dan tanda-tanda ajaib (Keluaran 3:12). Demikianlah Musa, yang walaupun sempat menjadi buronan dan pelarian selama 40 tahun, Tuhan mengangkatnya kembali dan membuatnya bersinar sebagai pemimpin Israel yang membawa bangsa itu keluar dari perbudakan.

Mungkin ada diantara kita yang mengalami seperti Musa. Karena suatu kecerobohan atau kesalahan, hidup kita jadi gagal total, kita sedang berada dalam titik terendah. Jangan takut dan putus asa, saat kita menerima karunia Tuhan, backing ilahi turun atas kita. Dari seorang yang gagal, kita akan dibuat-Nya berhasil. Dari pecundang menjadi pemenang. Ingatlah bahwa ketika kita sedang berada di padang gurun kehidupan, Tuhan ingin memperbaiki karakter, memperbaiki apa yang masih salah dalam hidup kita. Jika kita cepat menyadarinya dan segera menanggapi, maka kita tidak perlu berlama-lama di padang gurun. Tidak peduli dimana pun kita sedang berada, kasih karunia dan dukungan Ilahi akan membuat hidup kita bersinar pada akhirnya.

RENUNGAN
Ketika kita memiiki DUKUNGAN ILAHI dari Tuhan, di mana pun kita BERADA, pada akhirnya hidup kita akan BERSINAR.

APLIKASI
1.    Dimanakah posisi Anda berada saat ini? Dalam zona nyaman atau malah sedang di padang gurun?
2.    Percayakah Anda Tuhan sanggup memback up Anda hingga hidup Anda bersinar? Mengapa?
3.    Dukungan Ilahi dalam hal apa yang paling Anda butuhkan saat ini?
DOA UNTUK HARI INI
Ya Allah Bapa di surga, terima kasih atas dukungan-Mu yang luar biasa atas setiap pekerjaan yang kami lakukan. Kami hanya ingin terus memuliakan nama-Mu saja dengan hanya melakukan apa yang Kau kehendaki. Terus bimbing kami dalam setiap perkara, sehingga kami bisa menjadi terang dan garam bagi orang lain juga. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.