Ekspresi Cinta Yang Tidak Bisa Ditahan Pada Tuhan

BACAAN HARI INI
1 Tawarikh 13:1-14

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 13:8 Daud dan seluruh orang Israel menari-nari di hadapan Allah dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, rebana, ceracap dan nafiri.

Banyak cara untuk mengekspresikan cinta, mulai dari buket bunga dan cincin nan romantis, penuh kejutan tak terlupakan sampai cara yang ekstrim sekalipun bisa menjadi ungkapan ekspresi cinta. Seperti kisah Raja dan Suaidah, Raja yang merasa cemburu pada Suaidah mulai melemparkan kata-kata yang menyakitkan. Mereka pun bertengkar hebat dan dengan emosi Suaidah mengambil minyak tanah dan mengguyur tubuhnya sendiri. Raja malah menyalakan api dan langsung membakar tubuh Suaidah. Suaidah berteriak minta tolong dan kakaknya langsung menyiramnya dengan air. Meskipun Suaidah telah dilukai dan cacat permanen, namun ia mengatakan ingin bersama Raja dan tetap berniat menikah dengan Raja. Cinta Suaidah masih tetap sama seperti sebelum ia disakiti.

Kisah di atas menceritakan ketika seseorang begitu mencintai, maka ia akan mengekspresikan dalam tindakannya. Kalau cinta kita pada seseorang begitu kuat, maka kita tidak akan kuat untuk menahan ekspresi cintanya. Raja Daud pun tidak bisa menahan luapan hatinya saat membawa tabut Allah ke Pondok Daud, tanpa malu-malu ia melepas pakaian kebesarannya. Hanya berbaju efod dari kain linen sederhana, Daud meloncat-loncat dan menari-nari sekuat tenaga di hadapan Tuhan. Itulah ungkapan cinta Daud yang meluap-luap pada Tuhan, ia sama sekali tidak peduli pada cemoohan istrinya yang menganggapnya rendah dan memalukan.

Cinta kita pada Tuhan akan terlihat dari ekspresi kita, apakah cinta kita sudah meluap-luap atau belum. Kalau kita begitu mencintai Tuhan, maka kita tidak akan punya alasan untuk menahan diri kita. Kita akan mengekspresikannya dengan cara-cara yang luar biasa. Kita tidak akan peduli pada pandangan orang lain saat kita meluapkan rasa cinta pada Tuhan. Kalau kita rindu mengalami ekspresi kasih Allah dalam hidup kita, maka kita harus makin jatuh cinta kepada Tuhan dan buktikan betapa besar cinta kita pada Tuhan melalui ekspresi kita. Buatlah Tuhan terkesan sehingga Dia pun tidak malu untuk memanifestasikan dan mengekspresikan kasih-Nya pada kita. Tuhan Yesus memberkati (ABU)

RENUNGAN
Kalau kita begitu MENCINTAI TUHAN, kita TIDAK AKAN TAHAN untuk TIDAK MENGEKSPRESIKANNYA.

APLIKASI
1. Berapa besar kadar cinta Anda pada Tuhan? Hanya dangkal atau begitu dalam sampai rasanya meluap-luap?
2. Bagaimana cara Anda mengekspresikan cinta Anda pada Tuhan?
3. Apa yang masih menghalangi Anda untuk mengekspresikan cinta Anda pada Tuhan? Bagaimana supaya Anda bisa lebih jatuh cinta lagi pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami ingin agar Engkau tahu betapa kami sangat mencintai-Mu. Beri kami keberanian seperti Daud untuk bisa mengekspresikan luapan hati kami. Kami mau bersorak, menari dan menyanyi untuk memuji kebaikan-Mu. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.