Ekspresi Kasih Tuhan Yang Luar Biasa

BACAAN HARI INI
Yesaya 54:1-17

RHEMA HARI INI
Yesaya 54:10 Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Pernahkah mendengar kalimat “Aku akan memindahkan gunung hanya untukmu?” Rayuan gombal ini memang terdengar berlebihan, namun demi cintanya, Dashrath Manjhi, seorang pria miskin di India telah menghancurkan sebuah gunung untuk mengenang isterinya yang meninggal dunia karena terjatuh dari tebing gunung itu. Suatu hari Phaguniya, isteri Manjhi yang sedang hamil tua melakukan perjalanan untuk mengirim makan siang untuk Manjhi yang sedang bekerja di kota. Perjalanan melewati gunung itu lebih singkat 15 kilometer dibanding dengan kalau memutarinya. Tetapi Phaguniya terpeleset dan jatuh dari tebing gunung itu, dan ia tidak mendapatkan pertolongan yang baik karena faktor kesulitan medan.

Sebagai pelampiasan rasa marah dan ingin memastikan supaya tidak pernah ada korban lagi dari gunung itu, Manjhi bersumpah untuk membelah gunung itu. Manjhi setiap hari berangkat ke gunung dengan palu besar dan linggis, ia tidak peduli dicemooh orang termasuk ayahnya. Setelah dua puluh dua tahun akhirnya Manjhi berhasil membelah gunung dan membuat akses baru dari desa ke kota. Karena cinta yang kuat, Dashrath Manjhi mampu melakukan perkara yang diluar logika. 22 tahun bekerja keras untuk membelah gunung.

Kasih Tuhan kepada kita sudah terbukti begitu besar dan kuat, tapi sudahkah kita merespon dengan benar? Dengan respon yang benar, dengan cara pikir yang benar, itu akan membangkitkan rasa cinta kita kepada Tuhan. Saat kita jatuh cinta kepada Tuhan, kita akan berekspresi dengan tindakan-tindakan yang spektakuler, saat kita jatuh cinta kepada Tuhan, kita tidak akan bisa berhenti untuk bersaksi tentang kebaikan-Nya, kita akan terus membangun pondok Daud, membaca Surat Cinta Alkitab-Nya, memuji Tuhan, dan terus berkomunikasi kepada-Nya dengan doa-doa kita. Pada saat Tuhan menyaksikan respon kita seperti itu, Tuhan pasti akan jatuh cinta kepada kita. Dan ketika Tuhan jatuh cinta kepada kita, Tuhan akan mengerjakan lebih dari apa yang bisa kita pikirkan dan bayangkan. Tuhan akan berikan kemenangan kepada kita yang tidak pernah ada habisnya, setiap hari baru dengan kemenangan yang ajaib. Great Revival terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Kalau Tuhan sudah JATUH CINTA, kita akan terkesima melihat EKSPRESI KASIH-NYA yang membanjiri hidup kita.

APLIKASI
1. Saat Anda jatuh cinta, apa yang Anda rasakan dan apa tindakan Anda untuk menunjukkan rasa cinta?
2. Kalau Anda melihat kembali hidup Anda sampai saaat ini, apakah Anda menyadari betapa besarnya kasih Tuhan pada Anda?
3. Sudahkah Anda jatuh cinta pada Tuhan? Apa ekspresi cinta Anda pada Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, bila kami mengingat perjalanan hidup kami, sungguh betapa besar kasih-Mu pada kami. Walau kami seringkali tidak menyadari, namun kasih setia-Mu ada tak habis-habisnya untuk kami. Kami ingin membalas cinta-Mu Tuhan, ajar kami dalam kebenaran. Biarpun belum sempurna, tapi hari demi hari kami mau semakin menyenangkan hati-Mu. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.