Fokuskan Diri Pada Yang Positif

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 18 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Filipi 4:6-13

RHEMA HARI INI

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Terkadang hidup itu seperti mendayung perahu di sungai. Awalnya kita mendayung sambil menikmati pemandangan sekeliling. Lalu di salah satu kelokan sungai, tiba-tiba arus semakin menderas dan kita tidak bisa lagi mengendalikan perahu. Lama-kelamaan kita pikir kita tidak akan selamat dan mungkin menyalahkan kebodohan diri sendiri. Seperti itulah ketika persoalan menerjang hidup kita, kita hanya dapat fokus pada derasnya permasalahan dan menghakimi diri sendiri atau malah orang lain.

Warren Buffet, seorang pakar investasi dari Amerika Serikat yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2008, pernah berkata, “Terkadang yang terpenting bukanlah seberapa gesit Anda mendayung perahu, melainkan seberapa cepat arus sungainya.” Dalam kata-katanya ini, ia justru mengajak kita untuk melihat derasnya sungai sebagai sesuatu yang positif. Jika kita dapat mendayung mengikuti deras arusnya, masalah yang kita hadapi dapat berubah menjadi peluang yang luar biasa.

Jangan salah mengerti, berusaha mengatasi permasalahan memang penting dan itu sebuah keharusan. Namun hendaknya kita jangan lupa bahwa usaha saja tidaklah cukup, kita sangat membutuhkan kekuatan arus. Ubahlah cara kita memandang permasalahan. Percayalah Tuhan sanggup mengubahnya menjadi arus favor-Nya. Buang jauh-jauh pikiran negatif. Bangunlah pikiran positif dalam kondisi apa pun dalam hidup kita. Ubah haluan hidup kita dan masuklah dalam arus favor Tuhan yang sudah menunggu di hadapan kita. Bergantunglah pada kasih karunia Tuhan, jangan pada kekuatan kita sendiri, karena kita sangat terbatas dalam banyak hal. Ya, seberapa kerasnya pun kita berusaha dan berkorban, jika kita hidup di luar kasih karunia Tuhan maka hasilnya tidaklah sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Namun kasih karunia Tuhan akan membuat hidup kita mengalami terobosan dalam banyak hal yang melebihi upaya yang kita lakukan. Arus favor Tuhan akan membawa kita lebih cepat pada keberhasilan dan kemenangan yang gilang-gemilang.

RENUNGAN

Jika kita ingin MEMBUANG HAL YANG NEGATIF dari diri kita, maka kita perlu MEMFOKUSKAN DIRI PADA YANG POSITIF

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda berdiri tegak untuk berpikir positif dalam masalah yang Anda hadapi saat ini?
  2. Pentingkah memfokuskan diri pada yang positif? Mengapa?
  3. Bagaimanakah Anda dapat mengubah cara pandang Anda yang negatif tentang berbagai permasalahan Anda menjadi positif?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mau terus berjalan dalam kehendak dan rencana-Mu, karena kami rindu derasnya aliran sungai favor-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 134, 146-150