Hancurkan Penghalang Doa

Renungan Keluarga Allah
Senin, 11 April 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 59:1-2

RHEMA HARI INI

Yesaya 59:1-2 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar 2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Seorang petani tua sudah bertahun-tahun membajak mengelilingi sebuah batu besar di ladangnya. Batu besar itu telah merusakkan satu mesin penyiang dan dua mata bajak saat ia tak sengaja menyenggol batu itu. Setiap kali ia melihat penghalang itu, ia menggerutu mengenai banyaknya kesulitan yang ditimbulkan batu besar itu. Suatu hari ia memutuskan untuk menggali dan membuangnya. Setelah menempatkan sebuah linggis yang besar di bawah batu itu, ia terkejut ketika mendapati bahwa dalamnya hanya sekitar 30 cm. Dengan segera ia dapat mengungkit batu itu dan mengangkutnya dengan gerobak. Akhirnya petani ini dapat mengelola ladangnya dengan bebas dan nyaman.

Sama halnya dengan batu besar di ladang petani tadi, demikian pula batu-batu penghalang dalam setiap doa harus segera di singkirkan karena hal itu juga akan menimbulkan kerugian yang besar dalam kehidupan kita. Batu penghalang itu seringkali adalah dosa-dosa tersembunyi yang mungkin tidak kita sadari. Pada dasarnya Tuhan itu selalu menepati janjinya. Tuhan berkata “mintalah maka akan kuberi.” Lalu, apakah Tuhan tidak menepati janjinya itu? Tidak! Tuhan tidak pernah ingkar janji, Tuhan pasti menepati janjinya asal kita hidup menurut kehendaknya. Namun sesungguhnya kejahatan kitalah yang membuat Tuhan tidak mau mendengarkan doa kita.

Jadi hari ini pastikan setiap kita sudah menyingkirkan setiap penghalang doa dari hidup kita sehingga kuasa doa benar-benar termanifestasi dalam hidup kita. Evaluasi dan temukanlah hal-hal apa saja yang masih ada dalam hidup kita yang membuat doa kita tidak sampai pada Tuhan dan belajarlah untuk membuang hal-hal tersebut sehingga doa kita bisa menyentuh hati Tuhan dan mendatangkan jawaban yang ajaib dalam hidup kita.

RENUNGAN

Ada PENGHALANG-PENGHALANG doa yang harus disingkirkan sehingga KUASA DOA itu bisa DIMANIFESTASIKAN secara total dalam hidup kita.

APLIKASI

  1. Apa saja penghalang doa yang masih ada dalam hidup Anda?
  2. Langkah apa yang Anda lakukan untuk menyingkirkan semuanya itu?

DOA UNTUK HARI INI

Kami bersyukur Tuhan, hari ini kami tahu bahwa terkadang doa kami tidak mendapatkan jawaban karena masih ada penghalang-penghalang doa dalam hidup kami. Kami mau berjuang untuk menyingkirkan semua penghalang itu sehingga doa kami sampai kepadaMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 21-22