Hanya Tuhan-Lah Yang Tetap Setia

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:1-25

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5b Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

“Halo Ton, bagaimana kabarmu? Sudah lama ya kita tidak makan bersama. Bagaimana kalau siang ini kita keluar makan?” sapa Han dalam pesan singkatnya. “Wah, maaf Han, aku sibuk sekali hari ini. Lain kali saja ya.” balas Tono. Han menghela nafas dengan sedih, ia merasa teman-temannya mulai menghindarinya. A friend in need is a friend indeed, sudah lama Han mengetahui kata mutiara ini, tapi baru kali ini ia merasakan kebenarannya. Seorang teman yang hadir kala dibutuhkan adalah teman sejati. Saat ini Han benar-benar merasa butuh teman untuk sekedar bicara, tapi tak ada satu pun temannya yang mau ia temui.

Han adalah seorang pengusaha yang sukses, tapi karena kesibukkannya mengurus bisnis, ia gagal memperhatikan keluarganya. Han tidak tahu anaknya terjerumus dalam penyalah gunaan narkotika, sampai suatu malam serombongan polisi datang menggerebek rumahnya. Kasus itu meledak dan menggegerkan kota tempat tinggalnya, karena ternyata anak Han adalah penjual yang menyuplai teman-teman sekolah dan remaja-remaja lainnya. Dana Han habis terkuras untuk mengurus anaknya, dan usahanya terkena imbas pemberitaan media.

Salah satu perbedaan Tuhan dan manusia di dunia adalah, manusia secara natural suka mendekati orang yang sukses dan menjauhi orang yang gagal. Bagi orang dunia, kegagalan seperti sebuah aib. Tapi tidak bagi Tuhan, dimata-Nya kegagalan bukanlah aib, kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan. Kesalahan adalah proses menuju hidup yang benar. Tuhan bukan saja tidak pernah menghindari orang yang gagal, tapi Dia justru setia menemani, mendengar dan memberi jawaban ditengah kesesakan. Jika ada diantara kita yang sedang merasa gagal, jangan takut. Manusia boleh menghindari kita, tapi ingatlah Tuhan tetap bersama dengan kita. Jika yang paling kita butuhkan saat gagal adalah kasih karunia dan anugerah melimpah dari Tuhan, apa yang harus kita cemaskan bila Tuhan ada bersama kita. Makin mendekatlah dan bergaul rapat dengan Tuhan, maka kesalahan kita akan Dia ubahkan menjadi keajaiban.

RENUNGAN
Sekalipun ORANG-ORANG MENGHINDARI kita karena kita gagal, TUHAN akan TETAP BERSAMA kita.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda mengalami dihindari oleh teman-teman Anda saat jatuh dalam kegagalan? Apa yang anda rasakan saat itu?
2. Apa yang paling Anda butuhkan saat gagal? Dimana dan pada siapakah Anda bisa mendapatkannya?
3. Bagaimana supaya Anda bisa terus mendapat penyertaan Tuhan? Apa komitmen Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, janji-Mu sangat menguatkan dan memberi kelegaan pada kami. Engkau sekali-kali tidak akan membiarkan kami dan meninggalkan kami. Ampuni kami yang telah lalai dan membuat kesalahan yang mendukakan hati-Mu, kami berjanji tidak akan mengulangi dan akan lebih berhati-hati dalam tindakan kami. Terima kasih Tuhan atas anugerah-Mu yang melimpah, kami percaya Engkau sanggup dan mau menolong kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.