Hati Adalah Kunci Terobosan

BACAAN HARI INI
1 Samuel 13:1-22

RHEMA HARI INI
1 Samuel 13:14 Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu.”

Hati, tidak terlihat, sering terlupakan, tetapi sesungguhnya merupakan hal yang sangat penting bahkan paling penting dalam hidup kita. Hati kita menentukan hidup kita. Kalau hati kita negatif maka hidup kitapun akan menjadi negatif. Kalau hati kita percaya dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya, maka hidup kita akan penuh dengan penyertaan dan anugerah Tuhan.

Yang membuat Tuhan menolak Saul dan memilih Daud juga adalah hati. Hati Saul adalah hati yang tidak bisa percaya sepenuhnya kepada Tuhan, sedangkan hati Daud adalah hati yang bergantung sepenuhnya dan percaya kepada Tuhan. Kepercayaan Daud kepada Tuhan membuatnya berani mengalahkan singa dan beruang, bahkan mengalahkan sang raksasa Goliat. Kepercayaan Daud kepada Tuhan membuatnya tetap menjadi pelayan pembawa senjata Saul meskipun ia sudah diurapi menjadi raja. Kepercayaan Daud kepada Tuhan membuatnya tetap menghormati Saul meskipun Saul berusaha membunuhnya dan meskipun ia tahu bahwa Tuhan telah menolak Saul dan memilih dirinya untuk menjadi raja atas Israel. Hati yang seperti inilah yang menyentuh hatinya Tuhan, sehingga Tuhan tidak segan-segan untuk mencurahkan anugerah serta perkenanan-Nya atas hidup Daud.

Seperti apa hati Anda di hadapan Tuhan? Saat Tuhan melihat hati Anda, apakah Ia akan mendapati hati yang berkenan di hadapan-Nya? Ingat, salah satu kunci terobosan besar dalam hidup kita adalah hati. Maka, kalau kita ingin mengalami hal-hal yang besar dan ajaib dari Tuhan, kita harus membangun hati yang berkenan di hadapan-Nya. Memuji, menyembah, serta berendam dalam hadirat Tuhan di Pondok Daud adalah salah satu cara untuk hati kita didandani sedikit demi sedikit hingga semakin hari hati kita semakin berkenan dan menyenangkan hati-Nya. Saat itulah terobosan besar akan IA nyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Salah satu KUNCI TEROBOSAN BESAR dalam hidup kita adalah HATI.

APLIKASI
1. Selidikilah, kualitas hati seperti apakah yang saat ini kita miliki?
2. Mengapa kita harus membangun kualitas hati yang berkenan di hadapan Tuhan?
3. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Anda bisa memiliki kualitas hati yang berkenan di hadapan Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, kami bersyukur atas teladan Raja Daud yang Engkau nyatakan kepada kami. Kami rindu memiliki hati seperti Daud, yang berkenan serta menyenangkan hati-MU. Jamah dan lembutkan hati kami supaya Engkau dapat dengan bebas membentuk kami semakin serupa dengan Engkau. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”