Hidup Bebas Dari Hutang

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 41-42
Kisah Para Rasul 16:22-40

BACAAN HARI INI

Ulangan 15:1-11

RHEMA HARI INI

Ulangan 15:6 Apabila TUHAN, Allahmu, memberkati engkau, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, maka engkau akan memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak akan meminta pinjaman; engkau akan menguasai banyak bangsa, tetapi mereka tidak akan menguasai engkau.

Usaha bakmi kaki lima Doni sangat laris. Saban hari dagangannya habis sebelum tengah hari dan banyak pengunjung yang tidak kebagian bakmi buatannya. Melihat kesuksesannya, seorang teman meminjami Doni sejumlah dana untuk merombak halaman dan garasi rumahnya menjadi tempat makan kecil. Ia pun bisa mempekerjakan tiga karyawan untuk melayani pembeli. Setelah sekian lama, usaha Doni tetap lancar dan hutangnya lunas terbayar. Saat itulah ia berpikir untuk menyewa sebuah ruko untuk cabang usahanya. Lalu ia memberanikan diri meminjam dana yang tidak sedikit dari bank. Cabang bakminya itu pun sukses.

Tak lama, Doni kembali mengambil pinjaman untuk membuka cabang-cabang lainnya. Dari tahun ke tahun, hidup Doni tampak semakin berjaya. Cabang usahanya ada di mana-mana, anak-anaknya sekolah di sekolah bergengsi, keluarganya kerap berwisata ke luar negeri, dan asetnya banyak. Namun, suatu hari semua asetnya disita oleh bank. Ternyata selama ini hutangnya menumpuk dan Doni tak lagi sanggup membayar cicilannya.

Meminjam uang atau berhutang tampak seperti hal yang lumrah di dunia ini. Saking biasanya, anak-anak Tuhan pun banyak yang mengambil langkah ini untuk memperoleh modal usaha atau untuk menutupi kebutuhan darurat. Kita seolah lupa bahwa firman Tuhan melarang kita untuk berhutang (Rm. 13:8). Kita pun tak menyadari, saat kita berhutang, sebenarnya kita sedang tidak mempercayai penyediaan Tuhan. Kita mengikatkan diri pada pemberi hutang (Ams. 22:7), padahal Tuhan sudah memerdekakan kita. Sadarilah, Tuhan sangat ingin memberkati kita, bahkan memakai kita untuk memberkati orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita. Sebab Tuhan tidak ingin ada kemiskinan tinggal diantara anak-anak-Nya. Kalau itu yang Tuhan kehendaki, maka Dia tidak akan memakai cara yang melanggar perkataan-Nya sendiri. Dia yang akan memberikan hikmat dan menunjukkan jalan yang harus kita tempuh, sehingga kita bisa bangkit dan bersinar untuk kemuliaan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN

Untuk MENJADI BESAR yang diperlukan bukanlah hutang, tetapi PENYERTAAN, URAPAN, dan BERKAT TUHAN.

APLIKASI

1. Bagaimanakah sikap Anda terhadap hutang selama ini?
2. Mengapa Tuhan tidak menghendaki Anda untuk berhutang?
3. Bagaimana Anda bisa mendapatkan hikmat Tuhan dan bebas dari hutang?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas berkat yang selalu Engkau berikan pada kami. Kami percaya, penyediaan-Mu atas hidup kami tidak akan pernah terputus dan tidak terbatas. Engkau sanggup melakukan lebih dari yang kami bayangkan. Tuhan, kami ingin bangkit menjadi berkat bagi banyak orang. Beri kami hikmat-Mu dan pimpin langkah kami, sehingga hidup kami bebas dari hutang dan berkat sejati-Mu tercurah atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”