Hidup Dalam Berkat Tuhan

BACAAN HARI INI
Mazmur 127:1-5

RHEMA HARI INI
Mazmur 127:2 Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah–sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.

Dalam komik Donal Bebek, ada satu tokoh yang bernama Gladstone atau lebih dikenal dengan nama si Untung. Si Untung ini adalah karakter yang selalu beruntung, berlawanan dengan Donal yang selalu sial. Jika mereka sedang berjalan bersama, yang tiba-tiba menemukan sekeping uang emas di jalan pastilah si Untung, bukan Donal. Seperti namanya, kemanapun si Untung pergi, keberuntunganlah yang mengikutinya.

Profesor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire Inggris, mencoba meneliti hal-hal yang membedakan orang-orang beruntung dengan orang yang sial. Dalam penelitian yang diklaimnya sangat ilmiah, Wiseman menemukan beberapa faktor yang membedakan bagaimana seseorang bisa beruntung sementara yang lain tidak. Wiseman lalu membuka Luck School, sekolah keberuntungan. Latihan yang diberikan untuk murid-muridnya adalah dengan membuat Luck Diary, buku harian keberuntungan. Setiap hari mereka harus mencatat hal-hal positif atau keberuntungan yang mereka alami. Dilarang keras untuk menulis kesialan mereka. Awalnya sulit, tapi begitu mereka bisa menuliskan satu keberuntungan, besoknya akan semakin mudah dan semakin banyak keberuntungan yang bisa mereka catat. Dan setelah beberapa hari mereka melihat kembali apa saja yang telah mereka tulis dalam Luck Diary, mereka jadi menyadari betapa beruntungnya mereka. Semakin mereka memikirkan keberuntungan mereka, maka semakin banyak lagi keberuntungan yang datang dalam hidup mereka.

Jauh sebelum Profesor Wiseman mengajarkan itu semua, Tuhan Yesus sudah terlebih dahulu menyediakan keberuntungan itu bagi kita semua berupa berkat-berkat dari sorga. Yakub tahu persis bahwa untuk sukses, kekuatan jasmani saja tidak cukup. Ia butuh kekuatan rohani dari doa berkat bapanya. Berkat rohani memberinya penyertaan, pertolongan dan pembelaan Tuhan atas hidupnya. Membuat hidup Yakub sangat berbeda dengan Esau, berbeda dengan orang yang hidup di luar berkat Tuhan. Dan berkat Tuhan itu tetap ada dan disediakan-Nya bagi kita semua sampai sekarang. Itu sebabnya jangan pernah sepelekan Doa Berkat. Kita harus menyadari keterbatasan kita. Kita sangat membutuhkan kekuatan Rohani, berkat dari tempat yang Maha tinggi. Hidup kita akan selalu beruntung dan berkemenangan, bahkan berkat-Nya pun tetap diberikan saat kita tidur, sebab Tuhan begitu mengasihi kita semua.

RENUNGAN
Orang yang HIDUP DALAM BERKAT TUHAN, hidupnya akan SANGAT BERBEDA dengan orang yang hidup DI LUAR BERKAT TUHAN.

APLIKASI
1.    Menurut Anda, bagaimanakah hidup Anda selama ini? Di dalam atau di luar berkat Tuhan?
2.    Apa yang membuat Anda merasa demikian?
3.    Keputusan apa yang akan Anda ambil di tahun yang baru ini, untuk bisa hidup dalam berkat Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, mengenal-Mu adalah suatu keuntungan yang tak terhingga bagi kami. Kami sangat beruntung menjadi anak-anakMu yang menerima kasih karunia dan berkat anugerah-Mu yang melimpah. Penyertaan dan pembelaan-Mu nyata dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.