Hidup Dalam Roh

RHEMA HARI INI
Roma 8:6 “Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera”

Novita menikah di tahun 1999 dan ketika hamil 7 bulan, suami Novita meninggalkan Kristus untuk menikahi kekasihnya. Novita mengetahui hal tersebut ketika anaknya baru dilahirkan dan berusia satu bulan. Setelah melalui satu proses yang tidak mudah, suami Novita menceraikan istri keduanya dan kembali kepada Novita. Namun masalah tidak berhenti disitu. Sejak saat itu Novita kerap menerima tindak kekerasan baik fisik maupun mental dari suami Novita, mulai dari dicemooh, dilempar sisir, diludahi sampai dipukuli. Novita ikut retret karena kuatir menjadi agak tidak waras. Sebelum Novita ikut retret, Novita tidak mengerti mengapa ditengah penderitaan hidup, ketika Novita berdoa Novita bisa berkata, “Terima kasih Tuhan karena aku boleh ikut merasakan sedikit dari penderitaanMU waktu Engkau memikul salib.” Waktu itu Novita berpikir Novita mulai gila dengan berdoa seperti itu. Kini Novita mengerti bahwa salib bisa membawa sukacita dan Roh Kudus membimbing kita ketika kita menyerahkan diri pada Tuhan saat kita berdoa. Di dalam retret, Novita dibawa pada kesadaran akan cinta Tuhan. Namun Novita pun diingatkan kembali akan semua luka dan sakit hati yang dialami.

Ketika mengikuti sebuah retreat maka Novita bisa menang atas dosa yaitu bisa mengampuni. Secara manusia tidak mungkin kita bisa menang atas dosa dengan kekuatan kita sendiri sebab kita adalah manusia berdosa. Dosa bukan hanya dosa dalam perbuatan, akan tetapi juga dosa dalam pikiran dan keinginan. Tidak mungkin bagi kita untuk tidak melakukan dosa sedikitpun, tidak mungkin bagi kita untuk tidak berpikir jelek sedikitpun, dan tidak mungkin bagi kita untuk tidak mempunyai keinginan yang tidak baik sedikitpun. Akan tetapi ada konsekwensinya ketika manusia hidup menurut daging. Marilah kita hidup dalam roh sehingga kita bisa menang atas segala sesuatu.(ABU)

RENUNGAN
Tidak mungkin kita bisa menang atas dosa dengan kekuatan kita sendiri. Namun saat kita HIDUP DALAM ROH maka kita bisa MENANG atas segala sesuatu!

APLIKASI
1. Hal-hal apa saja yang anda rasa membuat hidup anda sulit untuk keluar atau menang atas dosa ?
2. Dan ketika mengalami hal itu, apa yang anda lakukan. Tetap berjuang ataukah minta kekuatan dari Tuhan. Uji diri anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bukan siapa-siapa tanpa Engkau, kami hanya manusia berdosa namun karena kebaikanMu maka kami dilayakan. Ajarkan kami untuk terus mengandalkan Engkau karena kami tahu ketika kami berjalan sendiri, seringkali kami jatuh kedalam dosa. Amin.