HIKMAT PALING TAJAM

RHEMA HARI INI

Mazmur 119:71 Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

Ketika Charles Darrow dan istrinya Esther menikah, kemudian terjadilah krisis ekonomi yang parah. Masa depresi besar tiba. Pasangan ini kemudian mengalami berbagai peristiwa menyedihkan dalam kehidupan mereka. Mulai dari kehilangan pekerjaan dan mobil, rumah yang digadaikan, hingga tabungan yang kian menipis dari hari ke hari. Charles Darrow mengalami frustrasi luar biasa. Ia kerap duduk termenung seorang diri. Ia bahkan menyarankan agar istrinya meninggalkannya. Ia merasa tidak mampu lagi menjadi suami yang baik. Ia merasa telah gagal dalam hidupnya. Siapa menduga sang istri justru tidak kehilangan harapannya sedikit pun? Sang istri yang penuh kasih sayang ini selalu dekat dan menguatkannya. Dengan tidak bosan-bosannya ia meyakinkan sang suami bahwa impian untuk menjadi jutawan itu belum mati dan mereka pasti bisa mencapainya bersama-sama suatu hari kelak. Sang istri tetap tidak mau percaya bahwa impian itu telah mati. Ia bahkan sama sekali tidak bersedia untuk mengubur impian tersebut!

Untuk tetap menjaga kehidupan impian tersebut, ia mengajak sang suami untuk merancang apa yang akan mereka lakukan jika suatu saat nanti mereka menjadi jutawan. Keduanya lalu mulai melakukan hal ini setiap kali selesai makan malam. Waktu terus berlalu dan mereka masih saja melakukan kegiatan yang sama hingga suatu hari sang suami mendapatkan sebuah ide brilian: menciptakan permainan uang. Yakni barang-barang apa saja yang akan dibeli jika seseorang memiliki uang, misalnya tanah, rumah, gedung, dsb. Gagasan ini terus mereka matangkan. Mereka menambahkan papan permainan, dadu, kartu, rumah-rumah kecil, hotel-hotel kecil, dsb. Bisakah Anda menebak permainan apakah ini? Ya, tepat! Permainan itu bernama monopoli. Permainan ini kemudian dijual kepada seorang pengusaha dengan harga satu juta dolar dan impian jadi jutawan pun terwujud.

Kisah di atas menceritakan hikmat muncul di tengah krisis. Orang-orang yang mau mencari hikmat saat menghadapi krisis, justru akan semakin diberkati, melejit dan bersinar melalui krisis. Orang-orang yang punya kehausan untuk mengejar hikmat seperti ini, bisa bertahan melalui krisis yang berat, kompetisi yang ketat, dan resesi yang besar. Sekalipun ada begitu banyak ketidakpastian, ada perubahan-perubahan yang begitu cepat, tapi mereka bisa beradaptasi dengan baik, karena melalui semuanya itu, mereka mau belajar dan terus mengejar hikmat. Ketika Tuhan ijinkan krisis atau tantangan terjadi, jangan buru-buru takut, jangan buru-buru menyalahkan Tuhan, sebaliknya justru itu akan jadi kesempatan kita mengalami terobosan hikmat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Hikmat PALING TAJAM justru muncul DI TENGAH KRISIS.

APLIKASI

1. Apa respon Anda terhadapt keadaan dunia saat ini?
2. Sudahkan Anda menjadi pelaku Firman di tengah dunia yang gelap ini?
3.Apa upaya Anda untuk memperoleh hikmat sehingga dalam kegelapan dunia, Anda tetap mengalami terobosan?

DOA UNTUK HARI INI:

Bapa, kami perlukan hikmatMu di tengah krisis ini sebab hanya Engkau yang mampu mengangkat kami dan membawa kami lebih tinggi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!