Hubungan Berstandar Emas

BACAAN HARI INI
Matius 22:34-40

RHEMA HARI INI
Matius 22:39 “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Alkisah ada dua orang kakak beradik yang hidup di sebuah desa. Mereka terjebak dalam pertengkaran. Selama hidup rukun 40 tahun, untuk pertama kalinya mereka bertengkar. Mereka tak bertegur sapa. Hingga suatu pagi ada seorang tukang kayu datang ke rumah sang kakak. “Maaf tuan, barangkali tuan berkenan memberikan beberapa pekerjaan untuk saya selesaikan?” Lalu sang kakak menjawab, “Kau lihat rumah di ladang seberang sungai sana? Minggu lalu penghuni rumah itu mengeruk bendungan lalu mengalirkan airnya ke tengah padang rumput itu sehingga menjadi sungai yang memisahkan tanah kami. Aku tidak menyukainya, dan aku ingin membalas perbuatannya itu! Aku ingin kau membuat pagar setinggi 10 meter sehingga aku tidak perlu lagi melihat rumahnya. Ah sebenarnya dia adalah adikku dan aku ingin melupakannya.”

Kemudian tukang kayu itu mulai bekerja. Betapa terbelalaknya ia begitu melihat hasil pekerjaan tukang kayu itu. Tidak ada pagar kayu seperti yang dimintanya. Namun, ada jembatan melintasi sungai yang menghubungkan ladang pertaniannya dengan ladang pertanian adiknya. Jembatan itu begitu indah! Kemudian sang adik berjalan menaiki jembatan itu dan berkata, ”Kakak, kau sungguh baik hati mau membuatkan jembatan ini. Padahal sikap dan ucapanku telah menyakiti hatimu. Maafkan aku,” kata sang adik. Dua bersaudara itu pun saling menangis dan berpelukan.

Hubungan keluarga, bisnis, pelayanan seperti apa yang Anda inginkan? Kalau semuanya itu diringkas, maka kita akan mendapatkan dua kesimpulan sederhana, yaitu: SUKSES dan BAHAGIA. Dalam kisah diatas, kakak dan adik yang semula bertengkar akhirnya memiliki hubungan yang sukses dan bahagia. Yang penting bukan mencari benar atau salah tetapi respon terhadap sikap orang lain yang menentukan hubungan yang sukses dan bahagia. Ketika Anda disakiti oleh orang lain, Anda dapat memilih untuk mengampuni dan menjalin hubungan yang sukses dan bahagia atau terus mengingat rasa sakit tersebut, nah, apa pilihan Anda? Tuhan Yesus memberkati (ABU).

RENUNGAN
Milikilah gold standard relationship, yaitu HUBUNGAN YANG SUKSES DAN BAHAGIA.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah membangun hubungan yang sukses dan bahagia dengan orang-orang di sekitar Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terus ajarkan kami untuk membangun hubungan baik dengan orang lain agar kami dapat memiliki hubungan yang sukses dan bahagia.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 6-7
1 Korintus 7:1-16