Iman Untuk Menciptakan

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Matius 17:14-21

RHEMA HARI INI
Matius 17:20 Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Sejak kecil Reno suka sekali melihat dokter yang bekerja di puskesmas dekat rumahnya. Waktu itu belum ada banyak dokter di kota tempat tinggal Reno. Bagi Reno kecil, dokter adalah sosok yang memberi rasa aman, bisa dipercaya dan diandalkan. Hal inilah menyulutkan cita-cita dalam diri Reno untuk menjadi seorang dokter. Dia sangat didukung oleh ayahnya. Ayahnya selalu memotivasi untuk berprestasi di sekolahnya. Reno pun menanggapi dengan rajin belajar, bahkan prestasi belajarnya selalu menjadi yang terbaik di jenjang pendidikan. Namun sayangnya, ayahnya meninggal dunia saat Reno hendak masuk kuliah dan Ibunya tidak mampu membiayainya berkuliah di fakultas kedokteran di luar kota.

Walaupun keadaan Reno saat ini tidak memungkinkan, namun dia tetap yakin ia akan menjadi dokter satu hari nanti dan dia membawa dalam doa profetiknya. Tak disangkanya, seorang sepupu jauh ayahnya, tergerak untuk membantu biaya sekolah Reno. Reno pun melanjutkan kuliah di luar kota dan dia juga bekerja sampingan untuk memenuhi biaya hidupnya. Reno pun berhasil menjadi seorang dokter, bahkan sekarang sudah menyelesaikan gelar S3nya dan menjadi berkat bagi banyak pasien dan keluarganya.

Rahasia mujizat yang diajarkan oleh Tuhan Yesus adalah, kita harus bisa melihat visi yang kita dapat dari Tuhan dengan imajinasi kita. Kita melihat gunung masalah kita berpindah dari hidup kita. Pertahankan dan perjelas gambar visi dari Roh Kudus. Deklarasikan dalam doa profetik dan terus hidupkan visi yang Roh Kudus berikan. Miliki iman yang kokoh, sebab imanlah yang mengaktifkan kuasa Allah bekerja. Kuasa menciptakan suatu keadaan dari yang tidak baik menjadi berkat. Jika saat ini keadaan kita sedang tidak baik, tapi tetaplah percaya. Pegang visi dari Tuhan meski secara manusia tidak ada harapan. Tetap percaya bahwa apa yang kita katakan akan terjadi, maka itu terjadi dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Gunakan IMAN untuk melepaskan KUASA MENCIPTA.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mendapat visi dalam hidup Anda?
2. Dapatkah Anda mengimajinasikan gambar visi Anda? Bila tidak, apa sebabnya?
3. Apa yang akan Anda ubah atau kerjakan dalam hidup Anda dengan kuasa untuk mencipta?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus kami mengimani rancangan-Mu sempurna dalam hidup kami. Ajarkan kami melihat visi-Mu dengan jelas, agar kami mempunyai pegangan dan keyakinan yang teguh. Kami percaya, kami beroleh kuasa dari-Mu untuk menciptakan gambaran visi-Mu dalam hidup kami menjadi kenyataan. Terimakasih Tuhan, didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.