Iman Yang Menarik Kuasa Tuhan

BACAAN HARI INI
Hakim-Hakim 7:1-25

RHEMA HARI INI
Hakim-Hakim 7:15 Segera sesudah Gideon mendengar mimpi itu diceritakan dengan maknanya, sujudlah ia menyembah. Kemudian pulanglah ia ke perkemahan orang Israel, lalu berkata: “Bangunlah, sebab TUHAN telah menyerahkan perkemahan orang Midian ke dalam tanganmu.”

Saat itu Israel sedang mengalami masa kesesakan dan penindasan, dimana semua hasil panen mereka dikuasai oleh Bangsa Midian. Israel seperti hidup di bawah kutuk kemiskinan. Kerja keras seberapapun, mereka tetap hidup dalam tekanan dan kekurangan. Sampai Tuhan membangkitkan Gideon untuk membebaskan mereka. Saat itupun Tuhan mengijinkan kondisi minus secara mata jasmani masih terjadi. Hendak melawan Midian yang banyaknya seperti belalang, tetapi di pihak Gideon hanya ada 300 orang saja. Bagaimana mungkin mereka bisa menang? Tapi lihatlah apa yang dijanjikan oleh Tuhan, KEMENANGAN ATAS ISRAEL SUDAH DATANG. KEMULIAAN TUHAN AKAN DINYATAKAN DI SANA.

Tidak mudah bagi Gideon untuk bangkit berjuang. Tapi betapa baiknya Tuhan yang setia menyertai dan terus menguatkannya melalui perkataan-Nya secara pribadi. Perkataan Tuhan itulah yang membangkitkan iman Gideon untuk bangkit dan bergerak secara profetik. Dan akhirnya Alkitab mencatat, Israel benar-benar dibebaskan dari Midian melalui kebangkitan seorang Gideon.

Seberapa banyak dari kita yang saat ini mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh bangsa Israel. Hidup seperti di bawah kutuk dan jauh dari kata kemuliaan Tuhan. Padahal janji Tuhan sudah dinyatakan, terlebih lagi di Tahun Kemuliaan ini. Ya, janji Tuhan sudah dinyatakan. Kemenangan sudah diberikan. Terang Tuhan sudah datang. Hanya satu yang harus kita lakukan. Sama seperti Gideon, yaitu MEMBANGKITKAN IMAN KITA melalui setiap perkataan Firman rhema dari Tuhan. Karena jika tidak punya iman, sebesar apapun janji dan jaminan kemenangan yang diberikan pada kita, kuasa Tuhan tidak akan bisa bekerja. Dan tanpa kuasa itu, kita tidak akan pernah bisa menaklukkan setiap tantangan-tantangan yang ada di hadapan kita. Dan akibatnya janji tentang kemuliaan-Nya juga akan sulit terjadi dalam hidup kita. Karena itu, bangkitlah. Bangun iman, maju dan percayalah bahwa Tuhan yang sudah menyertai kita sampai sejauh ini, akan tetap menyertai sampai kita mengalami kemenangan. Haleluya!

RENUNGAN
IMANLAH yang menarik kuasa Tuhan sehingga kita bisa MENAKLUKKAN MASALAH-MASALAH BESAR kita dan mengalami KEMENANGAN BESAR.

APLIKASI
1.    Adakah tantangan atau masalah yang sedang Anda hadapi saat ini yang membutuhkan iman dan keberanian untuk bertindak secara profetik?
2.    Apa yang sudah Anda lakukan supaya Anda memiliki kekuatan untuk maju? Kendala apa yang Anda miliki yang berasal dari dalam diri Anda sendiri?
3.    Mintalah perhemaan Firman Tuhan untuk mengatasi kendala itu dan hidupilah sampai iman Anda dibangkitkan.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas kemuliaan yang sudah Kau nyatakan di tengah-tengah kami. Kami mengucap syukur karena janji-Mu dan apa yang sudah Engkau kerjakan di tengah-tengah kami sungguh sangat dahsyat. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, supaya kami memiliki iman yang lebih lagi, supaya kuasa-Mu semakin dinyatakan bagi kami.  Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.