Indah Pada Waktunya

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 28 Desember 2016

BACAAN HARI INI

Pengkotbah 3:1-11

RHEMA HARI INI

Pengkhotbah 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Di sebuah ranting pohon yang tersembunyi, tampaklah seekor ulat yang terkurung dalam kepompong. Di dalam, tubuhnya berubah menjadi cairan dan perlahan terbentuk kembali menjadi bagian-bagian tubuh yang baru. Proses ini begitu menyakitkan. Ia juga tidak dapat keluar meskipun ia menginginkannya. Betapa tidak adil hidup ini! Mungkin itulah pikiran si ulat. Apakah sampai mati pun ia akan tetap ada di sana? Sendirian dan dalam gelap? Di tengah keputusasaan dan kelelahan yang luar biasa, ulat itu terus bersabar. Satu jam lagi. Satu hari lagi. Sampai di satu titik, kulit kepompongnya tidak bisa menahan dirinya lagi di dalam dan pecah. Perlahan ia merangkak keluar. Kemudian ia menyadari, sepasang sayap indah berwarna cokelat keemasan mulai terentang kuat di punggungnya. Sungguh pemandangan yang sulit dipercaya. Ia pun mengepak-ngepakkan sayap barunya dan mulai terbang tinggi.

Apakah hidup Anda terasa sama seperti ulat dalam ilustrasi di atas? Berbagai pertanyaan memenuhi benak Anda. Kapan doa Anda dijawab? Mengapa tidak ada terobosan? Dengan umur yang semakin bertambah, apakah masih ada kesempatan untuk mendapatkan karier yang bagus? Dan masih banyak lagi.

Namun Anda tidak perlu takut dan kuatir. Selama Anda mengikuti dan tetap melakukan apa yang harus Anda lakukan, cepat atau lambat, bahkan dengan segera, waktunya bagi Anda akan segera tiba. Mungkin sekarang otot iman Anda lelah. Mungkin perkataan negatif dan intimidasi sering melemahkan Anda. Namun, teruslah percaya, berdoa, berusaha dan tetap setia. Pengharapan Anda dalam kasih-Nya tidak akan membuat Anda kecewa. Bahkan sesungguhnya Tuhan sangat siap untuk mencurahkan kasih-Nya yang lebar bagi Anda. Semua yang sedang Anda hadapi sekarang akan dipakai-Nya untuk membentuk sepasang sayap indah bagi Anda. Jika waktunya tiba, Anda dapat melihat betapa rencana Tuhan itu sangat indah, sempurna dan hebat! Anda tidak akan bisa untuk tidak berkata bahwa Kasih-Nya terlalu ajaib dan terlalu besar bagi Anda!

RENUNGAN

Saat kita terdesak oleh SEMPITNYA WAKTU, Allah mencurahkan KASIH-NYA YANG LEBAR ke dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Adakah suatu keadaan yang saat ini membuat Anda hampir menyerah?
  2. Renungkanlah hal apa yang sedang Tuhan latih dalam diri Anda; mengapa Dia mengizinkan suatu kondisi di mana jawaban doa itu tidak segera datang?
  3. Ingat-ingatlah kebaikan dan kasih Tuhan yang Anda alami sampai hari ini; bagaimanakah Anda dapat menjadikannya sebagai kekuatan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih-Mu. Ampuni kami jika kami sering melupakan betapa lebarnya kasih-Mu yang tidak pernah meninggalkan kami dalam keadaan apa pun. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Tawarikh 23-25