Jam Tidur Dan Kehidupan Kerohanian Kita

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 23 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Galatia 5:16-25

RHEMA HARI INI

Galatia 5:22-23a Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Tidak semua orang memahami pentingnya tidur dengan durasi waktu yang cukup. Padahal penelitian ilmiah telah menunjukkan pentingnya tidur yang cukup. Efek ringan yang dapat segera kita rasakan bila kekurangan tidur adalah mengantuk, kurang konsentrasi, dan kepala pusing. Efek ringan ini biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami perubahan durasi tidur secara mendadak. Misalnya biasa tidur tujuh jam setiap hari, tetapi keesokan harinya hanya empat jam. Efek ringan akan berubah menjadi semakin buruk apabila kita masih tidur empat jam keesokan harinya, dan hal itu menjadi kebiasaan. Kita akan mudah marah, uring-uringan, emosional dan gelisah. Bahkan, kekurangan tidur dapat membuat tubuh kita cepat tua dan rentan sakit-penyakit. Berkali lipat dibandingkan orang-orang dengan jam tidur yang cukup dan teratur.

Bagaimana dengan kita? Mungkin kita punya banyak alasan yang membuat kita tidur dengan waktu yang tidak teratur. Namun, apa pun alasan kita, tidak ada hal baik yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan tidur yang salah itu. Tanpa tidur yang cukup, kehidupan kerohanian kita bahkan dapat menjadi berantakan. Kalau kita kurang tidur, kita akan lebih sulit mengontrol emosi kita. Namun dengan tidur yang cukup, pikiran kita akan menjadi lebih jernih. Agar saat berdoa dan merenungkan firman Tuhan, kita lebih tanggap dalam menangkap rhema-rhema yang Roh Kudus ungkapkan. Dengan demikian, keseharian kita pun akan terus dipimpin oleh keinginan Roh, bukannya kedagingan kita.

Mari kita perbaiki pola hidup kita dengan mulai mengatur jam istirahat kita. Tidurlah secara teratur selama tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Sebenarnya tidur teratur juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kita dalam merawat dan menjaga tubuh kita yang adalah Bait Allah. Tuhan pun akan memberkati tubuh kita dengan kesehatan yang prima, sehingga kita bisa mengekspresikan buah-buah Roh–kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri–melalui hidup kita. Sehingga lewat hidup kita, nama Tuhan dimuliakan dan kasih Allah dinyatakan. Amin.

RENUNGAN

Urusan tidur sangat MEMPENGARUHI URUSAN ROHANI; dengan tidur yang cukup kita dapat lebih mudah menghasilkan BUAH-BUAH ROH YANG LEBIH BAIK

APLIKASI

  1. Bagaimanakah jam tidur Anda selama ini?
  2. Apakah Anda merasakan efek jam tidur Anda terhadap kesehatan maupun kehidupan kerohanian Anda? Apa saja efeknya?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk menyikapi jam tidur Anda dengan lebih bijak?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan, karena Engkau telah menyadarkan kami bahwa urusan tidur kami berkaitan dengan kehidupan kerohanian kami. Beri kami hati yang bijak, ya, Bapa. Agar kami dapat menguasai diri kami dan tidur di saat kami seharusnya tidur. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 35-37