JANGAN KOBARKAN API YANG SALAH

RHEMA HARI INI

Efesus 4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

Mendengar banyak perusahaan yang gulung tikar dan melakukan PHK massal, hati Aldo mulai was-was. Ia tahu perusahaan tempatnya bekerja sekarang ini mengalami penurunan omzet yang drastis, dan itu berarti ada kemungkinan terjadi pengurangan karyawan besar-besaran. Kekhawatiran ini membuat Aldo menjadi malas bekerja dan justru sering membicarakan hal- hal negatif perusahan dengan teman-temannya. Aldo semakin marah dan kecewa saat namanya muncul di deretan nama-nama karyawan yang akhirnya di rumahkan.

Status pengangguran membuat Aldo sangat tertekan. Ditambah lagi ia mendapati dirinya positif terinfeksi COVID-19 dan harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Aldo semakin meratapi kejadian demi kejadian buruk yang menimpa dirinya. Semangatnya padam dan ia enggan untuk bangkit karena merasa Tuhan tidak adil atas hidupnya. Semua nasehat dari orangtua dan teman-temannya untuk tidak berlama-lama larut dalam kesedihan, tidak di indahkannya. Akibatnya kondisi kesehatan Aldo tak kunjung pulih karena ia terus mengasihani diri.

Titik-titik api yang tadinya kecil, jika berkumpul akan menjadi besar dan kobarannya sulit untuk dipadamkan. Jika dalam hidup ini kita menyalakan api yang salah, kitapun akan menuai hal yang salah. Bahkan hidup kita bisa turut hangus terbakar. Alih-alih menyalakan api roh, mungkin ada diantara kita yang justru menyulut api kebencian, api kemarahan, api cemburu atau api pertikaian. Api yang salah seperti ini jika tidak segera dipadamkan, akan semakin sulit untuk dikendalikan dan berpotensi menghancurkan hidup kita sendiri serta orang-orang di sekitar kita. Hari ini, ambil komitmen untuk memadamkan api yang salah dan mulai kobarkan api yang benar. Kobarkanlah api pengampunan, api semangat bekerja, api kasih dalam pernikahan, dan yang paling utama adalah kobarkan api rohani, yaitu api cinta kepada Tuhan Yesus harus semakin menyala-nyala. Biarkan api-Nya turun dan mengobarkan api roh kita, sehingga hidup kita bisa dipakai untuk alat Kemuliaan-Nya. (LEW)

RENUNGAN

Jangan sampai kita mengobarkan API yang SALAH.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda, atau saat ini sedang menyalakan api yang salah dalam hidup Anda? Api apakah itu?
2. Menurut Anda, apa yang akan terjadi dengan hidup Anda jika Anda terus mengobarkan api yang salah?
3. Bagaimana cara Anda untuk mulai memadamkan api yang salah dan menyalakan api yang benar?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami rindu dalam hidup ini kami selalu hidup seturut dengan kehendak-Mu. Mampukan kami untuk memadamkan api yang salah dan mengobarkan api yang benar dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!