Jangan Mau Dikecohkan Mata Jasmani

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:7 —sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat—

Franklin D. Roosevelt (Presiden Amerika ke 32), memegang teguh mimpi besar bangsanya. Terserang polio dan lumpuh pada usia 39 tahun, ia bertekad maju terus. Sekalipun ia tidak dapat bertempur di medan perang, ia menjadi gambaran dari kekuatan dan vitalitas Amerika selama Perang Dunia ke II. Ketika Jepang menyerang Pearl Harbor, bangsa Amerika sempat terpukul, banyak tentara patah semangat. Roosevelt harus bekerja keras untuk membangun kembali rasa percaya diri bangsa dan tentara Amerika. Sekalipun keadaan seolah bertentangan dengan harapan bangsa Amerika, tetapi Presiden Roosevelt tetap yakin bahwa bangsa Amerika adalah bangsa yang besar dan kuat. Roosevelt tidak mengijinkan fakta di lapangan mempengaruhi mimpi besar bangsa Amerika. Kerja keras Roosevelt tidak sia-sia, akhirnya Amerika dan sekutunya mengakhiri Perang Dunia II dengan menaklukkan Jepang, Jerman dan Italia. Kondisi fisik yang cacat, bahkan negeri yang porak poranda karena perang, tidak bisa mengubah visi Roosevelt tentang masa depan Amerika yang besar dan kuat.

Kita semua pasti pernah mendengar cerita tentang Elisa. Elisa memiliki iman kepada Tuhan yang sangat kuat. Ketika dikepung tentara Aram pun pengharapannya kepada Allah tidaklah mengendor, Elisa tidak mengijinkan kenyataan yang terlihat oleh mata jasmani itu mengubah iman percayanya, justru kemenangan besar terjadi karena Elisa menyelesaikan persoalannya dengan tuntunan Tuhan (2 Raja Raja 6:8-23). Seperti Elisa, demikian juga Presiden Franklin D. Roosevelt, mereka sama-sama memiliki keyakinan yang teguh dan tidak mudah dikecohkan oleh mata jasmani.
Janji Tuhan adalah mengangkat kita menjadi kepala, bukan ekor. Akan tetap naik, bukan turun. Oleh sebab itu, sepahit dan sesulit apapun kenyataan yang kita hadapi saat ini, janganlah itu mengubah iman kita. Jangan pernah kita berpikir untuk menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang diberikan Tuhan kepada kita pada hari ini. Tetap fokus pada pengharapan kita akan Kristus Yesus, dan kita akan keluar sebagai pemenang. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
JANGAN IJINKAN kenyataan yang kelihatan dengan mata jasmani mengubah iman kita.

APLIKASI
1. Koreksi, pernahkah Anda berubah dari yang awalnya percaya tiba-tiba menjadi kendor, mengapa ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa jagai kami agar terus melihat segala sesuatu dengan iman kami karena imanlah yang menentkan segalanya. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkhiel 14-15
Yohanes 13:1-20