Jangan Menjadikan Tuaian Sebagai Motivasi

BACAAN HARI INI
Galatia 6:1-10

RHEMA HARI INI
Galatia 6:9 “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. “

Pada suatu malam seorang wanita setengah baya berdiri kebingungan di pinggir jalan karena ban mobil kempes. Seorang pria melihatnya dan menghentikan mobilnya sambil bertanya apa yang sedang wanita itu perlukan. Pria itu terlihat miskin dan lusuh. Awalnya wanita itu berpikiran negatif, tetapi kemudian pria itu menawarkan bantuan dan menyuruh wanita itu untuk masuk ke mobilnya agar tidak kedinginan. “Ngomong-ngomong nama saya Bryan Anderso,” kata si pria itu. Bryan mengambil dongkrak dan mengganti ban mobil yang kempes. Wanita itu menanyakan berapa yang harus dibayarnya sebagai ungkapan terima kasihnya. Karena Bryan tidak berpikir untuk mendapat bayaran, dia mengerjakannya tanpa pamrih. Bryan hanya berkata, “Seandainya Ibu mau membalas kebaikan saya, di lain waktu jika Ibu melihat orang yang memerlukan bantuan, maka bantulah orang itu dan ingatlah kepada saya.” Wanita itu melanjutkan perjalannya, dan berhenti di sebuah kafe, ingin menghangatkan badan dan membeli makanan kecil. Seorang pelayan yang terlihat hamil tua menyambut wanita itu dengan ramah sambil membawakan handuk kecil untuk mengeringkan rambut dan pakaian wanita itu. Wanita itu teringat kepada Bryan. Dia membayar makanannya dan memberikan uang 100 USD, si pelayan mengambil uangnya dan segera kembali untuk memberikan uang kembalian tetapi wanita itu sudah pergi dan meninggalkan sebuah kertas yang bertuliskan, “Saya pernah ditolong orang, dan saya juga ingin menolong orang lain, jika Anda ingin membalas kebaikan saya maka bantulah orang lain yang memerlukan pertolongan Anda dan ingatlah kepada saya.” Dan dibawah kertas itu terdapat 4 lembar uang 100 USD.

Pelayan itu segera membereskan meja dan menyelasaikan tugasnya dan pulang kerumah. Ia memikirkan bagaimana wanita baik itu tahu tentang berapa jumlah uang yang ia dan suaminya butuhkan? Kelahiran bayi dan perlengkapan bayi. Ia tahu betapa suaminya khawatir tentang keadaan mereka dan ketika ia bertemu suaminya, pelayan itu menciumnya dan berkata “Segalanya akan beres untuk kelahiran anak kita. Saya mencintaimu, Bryan Anderson…”

RENUNGAN
Tuaian jangan menjadi motivasi kita saat memberi, sebab TUAIAN ADALAH HASIL PASTI yang Tuhan berikan saat kita memberi dengan tulus dan sukacita.

APLIKASI
1. Apakah Anda tergolong orang yang suka menjadikan tuaian sebagai motivasi, uji hati Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Ampuni kami Bapa karena kami sering menjadikan tuaian sebagai motivasi kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 94-96
Lukas 5:17-39