Jangan Menunda-Nunda Melaksanakan Mandat Dari Tuhan

BACAAN HARI INI
Ulangan 23:21-23

RHEMA HARI INI
Ulangan 23:21 “Apabila engkau bernazar kepada TUHAN, Allahmu, janganlah engkau menunda-nunda memenuhinya, sebab tentulah TUHAN, Allahmu, akan menuntutnya dari padamu, sehingga hal itu menjadi dosa bagimu.

Hari-hari ini mata Tuhan sedang menjelajah ke seluruh bumi untuk mencari orang-orang yang mau dan bisa dipakai-Nya untuk membawa lawatan terbesar sepanjang sejarah. Sejak awal tahun 2020 kita sudah menerima rhema dalam Yesaya 60, dan di bulan Maret ini kita menerima mandat untuk membebaskan bangsa kita dari kegelapan. Saat Tuhan bertanya melalui hamba-Nya, bapak Gembala kita,”Siapa yang akan Aku utus?” hampir seluruh jemaat mengangkat tangan dan menjawab,”Ini aku Tuhan, utuslah aku.” Sekarang mari kita review kembali. Sudahkah kita melangkah, menjawab panggilan Tuhan untuk bangkit menjadi terang, menjadi berkat, untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang? Atau kita masih menunda-nunda dengan berbagai alasan?

Inilah yang dialami oleh Amasa, ia menunda-nunda dan tidak serius menanggapi perintah raja Daud. Akibatnya Amasa kehilangan kepercayaan dan kesempatan, karena raja Daud sebenarnya sudah berjanji dan berencana untuk menjadikan Amasa panglima perangnya. Kehormatan itu akhirnya diberikan kepada Abisai yang dengn sigap melakukan mandat dari sang raja. Ingatlah, mandat bisa dialihkan jika kita tidak meresponinya. Jika kita sudah berjanji pada Tuhan, Ulangan 23:21 berkata, “Apabila engkau bernazar kepada TUHAN, Allahmu, janganlah engkau menunda-nunda memenuhinya, sebab tentulah TUHAN, Allahmu, akan menuntutnya dari padamu, sehingga hal itu menjadi dosa bagimu.” Bukan hanya kehilangan bagian yang terbaik, Amasa akhirnya malah tewas dengan cara yang sangat tidak terhormat.

Oleh sebab itu, miliki kesigapan meresponi mandat dari Tuhan dengan segera. Kerjakanlah dengan segenap hati, sebab ketika kita menunda kita kehilangan timing terbaik untuk berhasil. Sebab setiap mandat yang diberikan tentu disertai dengan urapan untuk memperoleh kemenangan. Mandat itu bisa saja dilimpahkan Tuhan kepada orang atau gereja lain yang jauh lebih sigap meresponinya. Kita bisa kehilangan kesempatan yang sudah Tuhan percayakan untuk membebaskan bangsa kita, kehilangan kehormatan untuk menjadi terang dunia dan membawa injil keselamatan sampai ke ujung dunia. Imani sekaranglah saatnya kita dibawa Tuhan maju untuk mengambil alih kota demi kota bagi Kristus Yesus.

RENUNGAN
Jangan MENUNDA-NUNDA melaksanakan PERINTAH DARI TUHAN, sebab mandat itu BISA DIALIHKAN kalau kita tidak meresponi.

APLIKASI
1.    Pernahkah Anda menunda-nunda mandat yang telah Tuhan berikan pada Anda? Jika pernah, apa yang menyebabkannya?
2.    Pernahkah Anda memikirkan, kehilangan apa yang Anda alami ketika Anda menunda-nunda melaksanakan perintah dari Tuhan?
3.    Apa dampak positif yang Anda terima ketika Anda dengan sigap meresponi mandat dari Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa terima kasih atas lawatan terdahsyat yang sedang Engkau kerjakan atas bangsa kami tercinta Indonesia. Kami akan segera merespon panggilan-Mu Tuhan, sehingga banyak jiwa boleh diselamatkan. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.