Jangan Sampai Dicuri Iblis

BACAAN HARI INI
Matius 13:1-23

RHEMA HARI INI
Matius 13:19 “Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.”

Cerita sejarah bangsa Israel yang terdapat di dalam Bilangan pasal 13 dan 14 adalah suatu contoh yang ironik tentang bagaimana bangsa yang telah melihat mukjizat-mukjizat dan kebesaran Tuhan dapat kehilangan iman mereka dan membiarkan iblis mencuri janji yang hebat yang Tuhan sebenarnya telah sediakan di depan mereka. Hanya dua orang dari 12 pengintai, yaitu Hosea bin Nun dari suku Efraim yang kemudian sering disebut Yosua dan Kaleb bin Yefune dari suku Yehuda, yang bisa melihat dengan mata iman mereka, dan berani memberikan rekomendasi untuk melangkah maju. Namun 10 orang yang lain malahan terlalu terpaku pada penglihatan mata jasmani mereka, sehingga mereka menjadi takut dan menyebabkan orang lain kehilangan iman mereka. Yosua dan Kaleb selalu melihat dengan mata iman, inilah kuncinya! Sehingga ketika meskipun mereka melihat halangan dan rintangan untuk menuju tanah Kanaan, mata mereka tidak goyah, karena mereka bisa melihat janji Tuhan pasti digenapi untuk bangsa Israel, yaitu negeri yang berlimpah susu dan madunya. Bahkan mereka juga memberikan kesaksian nyata dengan membawa hasil tanah itu, yaitu buah anggur, ara dan delima. Namun 10 orang yang lain, meskipun melalui hal yang persis sama dengan Yosua dan Kaleb, tidak memberikan kesaksian yang sama, namun malah menakut-nakuti bangsa itu supaya tidak masuk ke tanah perjanjian, karena ada musuh yang besar dan kuat. Inilah kelemahan mereka, hanya melihat dengan mata jasmani saja sehingga tidak bisa merasakan penyertaan Tuhan di dalam perjalanan mereka.

Sama seperti bangsa Israel, kita sebenarnya bisa memilih, apakah kita akan kehilangan rahasia hebat yang Tuhan berikan, atau malah bisa menggapainya. Semuanya tergantung dari apakah kita melihat dengan mata jasmani ataukah kita bisa melihat dengan mata iman. Bangsa Israel akhirnya mengalami hal yang tidak mengenakkan, yaitu berputar-putar dan berkelana di padang gurun selama 40 tahun karena kehilangan iman mereka. Itu sebabnya, jangan biarkan imanmu goyah ketika menghadapi rintangan atau ujian. Jangan biarkan diri Anda kehilangan arah, tetaplah berani melangkah maju untuk mengklaim tanah perjanjian yang Tuhan telah sediakan.

Apakah Anda seringkali melihat dengan mata jasmani Anda tentang hal-hal yang merintangi Anda untuk berhasil? Sadarkah Anda bahwa ketika Anda melihat dengan mata iman, akan ada penyertaan dan tangan Tuhan yang kuat yang akan membantu Anda untuk maju? Oleh sebab itu, kuatkan dan teguhkan hatimu, sehingga mata iman Anda lebih berdampak kuat dibandingkan dengan mata jasmani Anda. Ketika hal ini terjadi, Anda pun akan memberikan pengaruh kepada keluarga Anda, lingkungan Anda, tempat kerja Anda, sehingga Anda pun bisa menguatkan mereka yang lemah, supaya mereka juga berani melangkah masuk ke dalam tanah perjanjian.

RENUNGAN
Jangan ijinkan iblis mencuri RAHASIA HEBAT yang Tuhan berikan kepada kita yaitu MELIHAT DENGAN MATA IMAN!

APLIKASI
1. Pernahkah iblis menjatuhkan Anda agar tidak lagi memegang iman kepada Tuhan, ceritakan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami ma uterus jaga iman kami kepadaMu dan kami tidak akan membiarkan iblis mencurinya. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 30-31
Yohanes 5:1-23