Jangan Sampai Imanmu Kalah

BACAAN HARI INI
Ibrani 10:19-39

RHEMA HARI INI
Ibrani 10:38-39 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya.” 39 Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Tiburtius, Valerianus, dan Maximus dikenal sebagai pahlawan iman Kristen yang dibunuh oleh penguasa Romawi di kota Roma. Jenazah mereka dikuburkan di Katakombe Praetaxtatus, Roma sekitar 229 / 230. Tiburtius adalah adik kandung Valerianus. Kisah tentang keanggotaan mereka dalam gereja hingga menjadi martir dihubungkan dengan Sata Sesilia. Sesilia adalah tunangan Valerianus, pemuda yang belum menganut agama Kristen. Ketika hari pernikahan mereka tiba, Sesilia dengan tulus membisikkan kepada Valerianus, calon suaminya agar membatalkan saja pernikahan mereka karena ia telah menjanjikan kemurnian dirinya kepada Tuhan. Valerianus yang tulus hati itu mengindahkan permohonan Sesilia, calon istrinya. Ia tidak marah, malah sebaliknya meminta Sesilia agar mengajari dia iman Kristen dan mengusahakan pembaptisannya. Demikian pula Tiburtius adik Valerianus. Setelah menjadi Kristen, kedua kakak-beradik ini dengan giat menyebarkan iman Kristen dan rajin menguburkan jenazah para martir yang dibunuh. Melihat itu, penguasa Romawi menangkap dan menyiksa mereka. Pada peristiwa itu, Maximus seorang tentara Romawi yang turut dalam penyiksaan atas diri Tiburtius dan Valerianus, terharu dan kagum akan ketahanan dan ketabahan hati kedua bersaudara itu. Lalu iapun dengan berani mengaku dirinya sebagai seorang murid Kristus. Akibatnya ia pun disiksa dan dibunuh bersama Tiburtius dan Valerianus.
Tidak ada seorangpun yang mewajibkan Tiburtius, Valerianus, dan Maximus untuk tetap mempertahankan imannya di tengah ancaman penyiksaan bahkan pembunuhan orang percaya saat itu, itu hanyalah urusan iman mereka dengan Tuhan. Mudah sekali sebenarnya bagi mereka untuk menyelamatkan diri mereka sendiri dan menyembunyikan iman mereka sementara waktu. Tetapi mereka bukanlah orang-orang yang mau menyerah dengan imannya, sebaliknya, mereka tidak mengijinkan kenyataan yang ada saat itu mengalahkan iman mereka. Kita percaya bahwa mereka saat ini telah menerima upah serta mahkota mereka di sorga.
Kenyataan apa yang saat ini sedang Anda hadapi? Vonis dokter bahwa penyakit Anda tidak bisa disembuhkan? Kebutuhan yang jauh lebih besar daripada kondisi keuangan Anda? Tantangan dalam usaha/pekerjaan yang semakin berat, seolah-olah melampaui kekuatan Anda? Apapun itu, jangan pernah ijinkan kenyataan Anda sekarang ini mengalahkan imanmu! Terus pegang imanmu sampai Anda sungguh-sungguh memperoleh apa yang Tuhan janjikan bagi hidupmu! (ABU)

RENUNGAN
Jangan ijinkan KENYATAAN Anda sekarang ini MENGALAHKAN IMANMU!

APLIKASI
1. Pernahkah Anda mengalami hal seperti renungan kita hari ini, ceritakan dan hal apa yang Anda rasakan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa mungkin kenyataan saat ini tidak sesuai dengan iman kami namun kami tetap mau pegang teguh iman kami kepadaMu bahwa akan ada hal yang luarbiasa dihari depan nanti. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 18-19
Yohanes 2