Janji Menjadi Nyata

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 7 April 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 11: 1-13

RHEMA HARI INI

Lukas 11: 9-10 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan

Dalam Buku Beyond Ourselves, penulis Catherine Marshall mengisahkan tentang salah satu pelajaran pertamanya tentang hidup oleh iman. Kisah ini terjadi tatkala ia menghadapi masalah pendidikan perguruan tingginya. Ia dan keluarganya tinggal di sebuah kota kecil di West Virginia yang mengalami kesulitan finansial parah akibat kehancuran pasar saham tahun 1929. Industri kereta api yang ada di kota itu hampir ditutup karena tidak berproduksi lagi. Ayahnya yang seorang pendeta, sama menderitanya dengan semua orang. Bahkan dengan janji beasiswa kecil dan $125 yang ditabungnya, Catherine masih membutuhkan beberapa ratus dolar lagi untuk bisa kuliah.

Suatu malam ibunya masuk ke kamarnya dan mendapatinya menangis sesenggukan, impiannya untuk kuliah seolah-olah sudah kandas. Ibunya berkata, “Kita akan berdoa untuk ini.” Lalu mereka masuk ke kamar tamu agar tidak terganggu. “Kapan saja kita meminta kepada Tuhan sesuatu yang merupakan kehendak-Nya, Ia pasti mendengar dan mengabulkan permintaan kita,” dengan tegas ibunya menguatkan hati Catherine.

Jawaban doanya datang dengan begitu cepat! Saat itu ibu Catherine ditawari menulis tentang sejarah daerah mereka. Sejarah merupakan salah satu kesukaan ibunya, dan dari pekerjaan itu ia mendapat penghasilan yang cukup untuk membayar biaya-biaya kuliah Catherine, bahkan dengan sedikit uang lebih.

Dalam pergumulannya itulah Catherine mendapatkan pelajaran, bahwa janji Tuhan pasti dinyatakan, hanya dibutuhkan tindakan iman, salah satunya melalui doa supaya pertolongan Tuhan itu digenapi dalam kehidupannya.

Itulah juga yang akan terjadi dalam setiap pergumulan kita saat ini. Doa kita perlu disertai dengan tindakan nyata, dan bukan hanya sekedar menunggu-nunggu saja. Teruslah berjuang dalam doa, mintalah, carilah, ketoklah, maka janji Tuhan akan digenapi secara luar biasa dalam kehidupan kita.

RENUNGAN

Doa akan membuat JANJI TUHAN menjadi KENYATAAN dalam hidup kita.

APLIKASI

  1. Apa yang Anda lakukan ketika menghadapi pergumulan hidup?
  2. Bagaimana doa menjadi sumber mujizat yang menolong Anda dalam pergumulan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami mau bertekun dalam doa dan pengharapan, sebab kami yakin janjiMu pasti untuk setiap kami yang selalu setia mengandalkanMu. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 9-12