Janji Tuhan Tidak Berlaku Bagi Si Pemalas

BACAAN HARI INI
Amsal 13:1-25

RHEMA HARI INI
Amsal 13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Tono berteriak paling keras mengaminkan ketika bapak Gembala membacakan janji firman Tuhan dalam Yesaya 60. Hatinya bergelora dan sungguh-sungguh ia yakin akan menerima janji berkat Tuhan dalam hal keuangan. Usaha kuliner Tono memang sedang sepi karena banyaknya saingan yang bermunculan.

Minggu berikutnya, Rudi, temannya sesama pengusaha kuliner, mengajaknya ikut pelatihan singkat tentang inovasi bahan pangan untuk memajukan usaha mereka. Tapi Tono merasa malas, ia merasa sudah menerima janji Tuhan bahwa usahanya akan diberkati, jadi buat apa susah-susah ikut pelatihan dari pagi sampai malam segala. Alhasil, dari ilmu yang didapatnya, Rudi berhasil membuat variasi hidangan yang sangat menarik dengan harga ekonomis, sehingga laris manis diserbu konsumen. Sedangkan usaha Tono masih begitu-begitu saja, tanpa ada suatu kemajuan apapun.

Rhema yang Tuhan berikan pada kita dan gereja kita yaitu Yesaya 60, membuat kita sangat berbesar hati. Harapan yang mulai padam, dinyalakan kembali. Tapi kita harus mengerti bahwa Yesaya 60 DIAWALI dengan sebuah instruksi Tuhan yang sangat penting. Arise and shine! Bangkitlah menjadi teranglah! Jika kita tidak mau bangkit, kita malas untuk berusaha dan berjuang lebih keras meninggalkan zona nyaman kita dan memilih untuk menunggu saja penggenapan janji Tuhan, maka sampai kapanpun janji Tuhan itu tak akan pernah kita dapatkan. Ingatlah bahwa ini adalah sebuah PERJANJIAN, dan Tuhan tidak berminat mengikat perjanjian dengan orang yang malas. Hanya bagi kita yang mau melakukan bagian kita, mau bangkit dan menjadi terang, akan mengalami Tahun Kemuliaan Tuhan di 2020 ini.

RENUNGAN
Kalau kita TIDAK MAU BANGKIT dan BERMALAS-MALASAN, kita TIDAK AKAN BISA MENGAKSES semua janji Tuhan dalam Yesaya 60.

APLIKASI
1. Apa arti janji Tuhan dalam Yesaya 60 bagi Anda? Apa pengaruhnya dalam hidup Anda sekarang?
2. Apa yang harus Anda lakukan agar Yesaya 60 tidak sekedar nubuatan, tapi sungguh-sungguh Anda terima jadi milik Anda sebagai penggenapan janji Tuhan?
3. Apa tindakan nyata Anda untuk bangkit dan menjadi terang?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, jauhkanlah kami dari kemalasan. Berikan kami semangat yang tak pernah padam, nyala api kerajinan yang terus berkobar dalam hati kami agar kami bisa bangkit dan menerangi kegelapan di sekeliling kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.