JIWA YANG TERLUKA MEMBUAT KITA SULIT MENDEKAT PADA TUHAN

BACAAN HARI INI

Mazmur 73:1-28

RHEMA HARI INI

Mazmur 73:21-22 Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya, aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu.

Kebanyakan orang lebih sering menutupi keadaan yang sebenarnya dari dunia luar. Hal ini ada benarnya karena tidak semua orang perlu tahu masalah pribadi kita. Tapi biasanya, orang yang hanya diam dan tak berusaha mencari pertolongan atau jalan keluar, mengira bahwa mereka sudah bisa melupakan hal yang melukai hati dan jiwanya. Menganggap mereka sudah mampu move on, tapi yang sebenarnya adalah luka itu masih ada dan menganga dalam hatinya. Mereka hanya berusaha menutup luka dengan penghiburan yang semu atau pemecahan sementara yang tak bertahan lama.

Luka hati dan jiwa, apalagi yang sampai berkali-kali terjadi, dan tak pernah diobati dengan semestinya, tanpa kita sadari akan membuat kita sulit mendekat pada Tuhan. Inginnya bisa bertumbuh dan berbuah, tapi akhirnya selalu malah mengalami kemunduran. Sebenarnya kita rindu ingin melayani, tapi selalu berakhir dengan masalah dan gesekan. Sebenarnya kita punya hati untuk mengikuti kegerakan dan menerima urapan, tapi hidup kita tak pernah sungguh-sungguh mengalami perubahan yang besar atau berarti. Sampai-sampai rasanya lelah mengiring Yesus.

Hidup yang dipenuhi tantangan, goncangan dan gesekan ini memang akan sangat melelahkan jika kita tidak mendekat pada Yesus. Jika hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri, kita akan dengan cepat kehilangan semangat, letih dan loyo. Kita akan selalu perlu diberi semangat yang baru, merasa selalu perlu minta di doakan, perlu selalu di dorong dan lain sebagainya. Jangankan untuk menolong dan menyelamatkan orang lain, untuk membangkitkan diri sendiri saja rasanya kita tidak sanggup dan perlu pertolongan orang lain. Semua itu dikarenakan luka yang ada dalam jiwa kita tak pernah disembuhkan secara total. Luka itu akan memakan habis energi dan pikiran kita. Mari jangan biarkan jiwa kita menderita lebih lama lagi, jangan ragu dan takut datang pada Tuhan. Sepahit apapun hati kita, walaupun kita belum mengerti apa gunanya, merasa bodoh atau dungu, tapi tetaplah tinggal dekat-dekat di kaki Tuhan. Sebab hanya dengan dekat Tuhan saja kita akan menerima pemulihan, KESEMBUHAN TOTAL atas hati, jiwa dan raga kita. Menjadikan kita pribadi baru yang siap untuk diutus dalam misi besar Tuhan untuk selamatkan jiwa. (PF)

RENUNGAN

Adanya LUKA dalam JIWA kita membuat kita SULIT MENDEKAT kepada Tuhan.

APLIKASI

1. Apakah masih ada luka yang belum disembuhkan dalam hati Anda saat ini?
2. Apa dampak jiwa yang terluka itu dalam kehidupan Anda?
3. Sudahlah Anda menyadari bahwa kasih karunia Tuhan lebih besar dari setiap pergumulan Anda? Maukah Anda menerima anugerah pemulihan dan kesembuhan total dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk berani membuka setiap luka hati dan jiwa kami di hadapan-Mu. Agar Engkau bisa menyembuhkannya dengan total dan menjadikan kami pribadi yang baru. Pribadi yang siap dan mampu untuk Kau utus untuk membawa jiwa-jiwa yang terhilang kembali pada-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!