Karakter Ilahi Yang Diinginkan Tuhan

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:1-42

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:29-30 29 “Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?” 30 Maka mereka pun pergi ke luar kota lalu datang kepada Yesus.

“Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi kesini untuk menimba air.” Apa sebenarnya yang dimaksud air hidup itu? Aku tidak mengerti. Air yang tidak akan pernah membuat seseorang haus lagi? Apakah air itu benar-benar ada?

“Aku tidak punya suami.” Kujawab dengan suara pilu. Pertanyaan-Nya yang sangat tiba-tiba sungguh membuat hatiku sedih. Dia seharusnya tahu siapa aku. Perempuan mana lagi yang menimba air di tengah hari seperti ini kalau bukan perempuan sepertiku.

“Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi. Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah.” Dia tahu siapa aku. Dia bahkan tahu rahasia hidupku! Dia pastilah seorang nabi!

“Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.” Laki-laki ini adalah Mesias itu! Luar biasa! Aku bertemu dengan Mesias!

“Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?” Aku tak dapat menahan kegembiraanku, semua orang harus bertemu dengan Pria itu, Sang Air Hidup!
***

Banyak orang berjumpa dengan Kristus. Banyak orang mengalami pengalaman-pengalaman ajaib bersama-Nya, namun tidak semua orang mendapatkan perkenanan Tuhan.

Kita pasti familiar dengan kisah perempuan Samaria. Saat ia berjumpa dengan Yesus, dalam sekejap, semua rahasianya terbongkar, mulai dari jati dirinya sebagai seorang pelacur, dosa-dosanya, sampai kerinduan hati yang terdalam untuk mengalami kepuasan hidup yang sejati. Kita pun pasti pernah mengalami pengalaman serupa, namun, tidak semua orang memiliki karakter seperti perempuan Samaria ini, mau berubah.

Tidak semua orang suka jika kelemahannya diketahui oleh orang lain. Perempuan Samaria ini berbeda. Ia menerima kelemahannya, bahkan dengan berani mengambil resiko untuk menceritakan pengalamannya kepada semua warga kota. Saat ia memiliki karakter ilahi yang diinginkan oleh Tuhan, maka ia mendapatkan perkenanan Tuhan, perubahan hidup, bahkan kepercayaan untuk menjadi pembawa kabar baik. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Karakter ilahi akan MENARIK KEPERCAYAAN, promosi, hubungan, kesempatan, dan anugerah Tuhan datang atas hidup kita.

APLIKASI
 Karakter ilahi apa yang dimiliki oleh perempuan Samaria dalam kisah diatas ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ajarkan kami untuk memiliki karakter ilahi seperti yang Engkau mau. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 9-10
Kisah Para Rasul 26