Karena Anugerah Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 29 November 2016

BACAAN HARI INI

Galatia 1:1-16

RHEMA HARI INI

Galatia 1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya

Suatu kali, seorang maestro piano terkenal mengadakan pertunjukan di sebuah kota. Sebelum layar dibuka, ada seorang anak kecil yang berjalan-jalan di pinggir panggung dan tertarik dengan piano hitam di tengah panggung tersebut. Ia berlari dengan antusias menghampiri piano tersebut, duduk di bangkunya dan mulai menekan-nekan tuts piano. Terdengarlah nada-nada sumbang. Operator lampu yang mengira itu adalah bagian dari pertunjukan langsung menyorotkan lampu tunggal ke arah anak kecil tersebut. Kontan saja, semua panitia panik dan segera menuju ke panggung. Namun, tak disangka, sang maestro melarang mereka dan dengan tenang melangkah ke piano lain yang berada di pinggir panggung. Kemudian, ia mulai memainkan pianonya, mengiringi permainan sumbang anak kecil tersebut. Menutupinya dengan nada-nada lain, sehingga keduanya menjadi satu kesatuan yang sangat indah. Penonton bertepuk tangan mengagumi pertunjukan tersebut dan berdiri memberikan penghormatan kepada sang maestro. Anak kecil yang mendengar suara riuh penonton terkaget, menghentikan permainannya dan tersenyum bangga, mengira bahwa tepuk tangan itu ditujukan padanya. Padahal kita semua tahu, bahwa tepuk tangan itu bukan ditujukan kepada anak kecil tersebut, tetapi kepada Sang Maestro yang menyempurnakan apa yang dilakukan oleh anak kecil itu.

Tidakkah Anda menyadari, bahwa terkadang kita semua sama seperti anak itu? Yang tidak menyadari campur tangan Sang Maestro Agung kita di surga. Apa pun yang sudah kita lakukan, bukanlah karena kehebatan dan kepandaian kita, tetapi hanya karena kasih dan anugerah-Nya semata. Dialah yang memberikan kesempatan. Dia yang mengangkat dan membukakan pintu. Dia yang melimpahi kita dengan anugerah-Nya sehingga kita bisa berbuat banyak. Karena itu, bagi Anda yang masih sering merasa diri Anda tidak layak, janganlah berkecil hati. Anda bisa dipakai-Nya ketika Anda percaya dan mau membuka hati. Dan bagi Anda yang sedang dipakai Tuhan, ingatlah selalu bahwa ada Sang Maestro Agung yang selalu menyempurnakan apa pun yang Anda lakukan. Semua kemuliaan dan kehormatan hanya layak menjadi milik-Nya. Puji nama Tuhan!

RENUNGAN

Sesungguhnya, jika kita DIPILIH DAN DIPAKAI TUHAN untuk mengubah dunia, semua itu hanya karena ANUGERAH TUHAN SEMATA

APLIKASI

  1. Apakah yang Tuhan katakan secara pribadi ke dalam hati Anda saat Anda membaca renungan hari ini?
  2. Menurut Anda, apakah yang dapat membuat Anda menjadi pengubah dunia?
  3. Langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mengubah sikap hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, Sang Maestro Agung, terima kasih atas anugerah dan kemurahan-Mu, sehingga kami layak ikut serta di dalam pekerjaan besar-Mu untuk mengubah dunia. Kami mau menerima anugerah itu, Tuhan, dan pakailah kami untuk kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 43-45, 49, 84-85, 87