Kasih Karunia Tuhan Bukan Untuk Orang Yang Malas

BACAAN HARI INI
Lukas 2:8-20

RHEMA HARI INI
Lukas 2:10-11 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Pekerjaan sebagai gembala kambing atau domba, bukanlah jenis pekerjaan yang diminati. Banyak yang memandang remeh dan sebelah mata pada profesi yang satu ini. Bagi kita yang lahir dan besar di pulau Jawa, mungkin pernah mendengar ketika orang tua memarahi anaknya yang malas belajar, nantinya akan menjadi bocah anggon wedhus, atau bocah penggembala kambing. Ungkapan ini menunjukkan betapa rendahnya nilai seorang gembala. Dianggap orang yang malas, sukanya tidur-tiduran dan melamun. Tidak perlu kecerdasan, pendidikan ataupun skill tinggi bagi seorang gembala.

Padahal sebenarnya hal itu salah besar. Gembala itu pekerjaan yang berat. Butuh komitmen, butuh dedikasi, butuh bayar harga bahkan penuh resiko. Seorang gembala harus melatih dengan sangat sabar, untuk bisa menggiring dan menghalau ternak-ternaknya, sebab binatang tidak tahu bahasa manusia. Ia harus selalu mencari tempat yang berumput subur, harus tahu persis jumlah dan karakter masing-masing. Ia harus selalu waspada menjaga kawanan ternaknya dari gangguan binatang buas, pencuri ataupun perkelahian sesama hewan ternaknya. Jika ada yang hilang, gembala akan mencarinya sampai ketemu.

Tuhan menghargai kerja keras para gembala dengan memberi mereka kehormatan yang luar biasa sebagai orang-orang pertama yang mendapat kabar tentang kelahiran Kristus. Itulah kasih karunia Tuhan bagi mereka yang sudah tekun dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Jika tahun ini kita sudah bekerja sangat keras untuk keluarga kita, untuk memperjuangkan komsel dan pelayanan terbaik kita. Untuk membangun pondok Daud dan sudah berjuang keras untuk terus percaya pada setiap janji Tuhan, maka inilah saatnya. Masa tuaian kita sudah tiba. Kasih karunia Tuhan akan datang di momen yang tidak kita duga sebelumnya. Bagi para pejuang iman, bersiap-siaplah menerima sesuatu yang besar dari Tuhan. Kasih karunia Tuhan akan mengepung, menyerbu dan memenuhi setiap aspek dalam kehidupan kita.

RENUNGAN
KASIH KARUNIA TUHAN diberikan kepada orang yang sudah BERJUANG dengan SUNGGUH-SUNGGUH.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda berjuang dengan sungguh-sungguh sepanjang tahun ini?
2. Apa saja yang sudah Anda perjuangkan?
3. Jika belum sungguh-sungguh berjuang, segeralah ambil komitmen untuk tahun yang akan datang.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah memperhatikan dan menghargai setiap perjuangan kami. Walaupun orang mungkin tidak melihat dan mengetahui jerih lelah kami, namun Engkau Maha mengerti. Kasih karunia-Mu cukuplah bagi kami untuk kami terus berjuang memberikan yang terbaik bagi Engkau, Raja dan Juru Selamat kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.