KATA-KATA PUJIAN UNTUK MENGUNGKAPKAN KASIH

RHEMA HARI INI

Kolose 4:6 Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Bagi Pak Wirdjolukito yang lahir dan tumbuh besar di era tahun 50-an, kata-kata pujian adalah sesuatu yang tidak lazim diucapkan kepada anak-anak atau pasangan. Sikap tersebut dianggap terlalu memperlihatkan perasaan yang di khawatirkan akan membuat kewibawaan dan rasa hormat menjadi berkurang. Sebuah deheman dan anggukan kepala, bagi Pak Wirdjolukito sudah cukup untuk menunjukkan bahwa ia senang dengan hasil yang di lihatnya. Tak heran anak-anak Pak Wirdjolukito sering merasa kurang yakin pada diri sendiri dan bertanya-tanya apakah bapak mereka sebenarnya mengasihi mereka atau tidak.

Kata-kata pujian memang sulit untuk diucapkan sebagian orang, mereka memilih untuk menunjukkan kasihnya dengan cara yang lain. Tetapi senyatanya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak suka dengan pujian. Dengan pujian mereka merasa diri mereka dihargai, kerja keras mereka diakui dan bisa merasakan jika diri mereka dikasihi. Jadi kalau kita termasuk dalam orang yang sulit memuji, pertimbangkanlah apa jelek dan ruginya jika kita bisa membuat orang lain merasa senang, bahagia, termotivasi bahkan mencapai puncak performanya dengan pujian yang kita ungkapkan dengan kata-kata.

Bukan hanya manusia yang suka dengan pujian, Tuhan kita pun suka dengan pujian, bahkan dikatakan Dia bertahta diatas puji-pujian umat-Nya (Maz 22:4). Kita tentu ingat bagaimana Daud begitu dikasihi dan dikenan Tuhan karena Daud adalah seorang pemuji dan penyembah. Tujuh kali sehari Daud memuji-muji Tuhan. Demikian pula ketika kita suka mengucap syukur dan memuji-muji Tuhan, hati Tuhan akan sangat disenangkan. Itu sebabnya kita harus belajar untuk tidak pelit dalam memuji. Baik kepada Tuhan maupun kepada sesama, sebab bagi orang-orang yang bahasa kasihnya adalah kata-kata pujian, hal ini sangatlah penting dan berarti bagi mereka. (PF)

RENUNGAN

Sebagian orang memiliki bahasa kasih berupa KATA-KATA PUJIAN.

APLIKASI

1. Apa yang Anda rasakan ketika Anda menerima pujian?
2. Bagaimana Anda menilai diri Anda sendiri, apakah Anda termasuk orang yang suka atau sulit untuk memuji?
3. Apa dampak positif yang pernah Anda alami ketika Anda memuji atau menerima pujian?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mau belajar untuk mengungkapkan kasih kami lewat kata-kata pujian. Bukalah mata kami agar kami dapat melihat segala sesuatu yang baik dan layak dipuji, supaya pujian kami benar-benar berasal dari hati dan memberkati yang kami puji. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!