Keadaan Ditentukan Oleh Perkataan Kita

BACAAN HARI INI
Kolose 3:5-17

RHEMA HARI INI
Kolose 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Seorang pelayan Tuhan mempunyai sebuah mobil tua keluaran tahun 1974 yang dipakainya untuk bekerja, ke gereja dan kemanapun dia mau pergi. Mobil ini dulunya adalah mobil taksi, sehingga seringkali ia malu saat memakai mobil tersebut sebab itu artinya ia belum diberkati secara finansial sehingga tidak bisa membeli mobil baru. Baginya, butuh waktu bertahun-tahun dengan gajinya yang sekarang sampai ia bisa membeli mobil baru. Di sisi lain, dalam pelayanannya ia seringkali bersaksi tentang Tuhan dan berkat-berkat-Nya yang melimpah. Hari demi hari pelayan Tuhan ini sering mengeluh dan protes kepada Tuhan, bukannya mengucap syukur dan berkata dengan bahasa yang positif. Sampai suatu hari tiba-tiba ia tersadar saat mendengar suara Tuhan dalam doanya, “Jika kamu mulai bisa memperkatakan hal-hal yang baik tentang mobilmu, dibanding selalu mengeluh tentang itu, Aku akan memberi kamu sesuatu yang lebih baik.” Saat itulah ia mulai mengucap syukur atas mobilnya dan mulai berkata dengan iman bahwa suatu saat dia pasti akan bisa membeli mobil yang baru. Perubahan perkataannya juga membawa perubahan pada keadaannya, sehingga tiba-tiba dia mendapatkan promosi kenaikan gaji dan juga bonus yang besar atas keberhasilannya menangani proyek dengan untung yang besar di pekerjaannya, sehingga uang yang dia dapat cukup untuk membeli sebuah mobil baru.

Karena keadaan kita banyak ditentukan oleh perkataan kita, maka berkatalah selalu dengan bahasa yang positif dan membangun iman! Berhati-hatilah dengan perkataan saudara, karena hanya bahasa yang positif dan bahasa imanlah yang dapat mengubah keadaan kita. Seperti kesaksian diatas, disaat pelayan Tuhan ini mulai mengubah kebiasaan berkata-kata buruk dan negatif dengan bahasa yang membangun, disaat itulah kuasa Tuhan yang menolong dan memberkati baru bisa mulai bekerja didalam hidupnya. Jangan pernah membatasi dirimu dan bagaimana Tuhan dapat memberkatimu, karena sesungguhnya Dia adalah Tuhan yang ajaib, yang melakukan perkara-perkara besar untuk hidupmu. Hanya ucapkan hal-hal yang besar, yang positif, yang memberkati, yang menguatkan tentang dirimu, keluargamu, pekerjaanmu, pelayananmu, dan nantikan kuasa-Nya bekerja.

RENUNGAN
Karena keadaan kita bisa DITENTUKAN OLEH PERKATAAN kita, maka berkatalah selalu dengan BAHASA YANG POSITIF dan membangun iman!

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengalami dampak dari ucapan Anda, sharingkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ampuni kami jika terkadang perkataan kami tidak baik, ajarkan kami untuk terus mengucapkan yang positif. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkiel 3-4
Yohanes 11:1-32