KEBANGKITAN BESAR MENGUBAH KEMURAMAN MENJADI SUKACITA

RHEMA HARI INI

Mazmur 30:11 Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,

Kim mulai berjuang melawan kanker payudara pada tahun 2013. Empat hari setelah pengobatannya berakhir, Kim didiagnosis menderita penyakit paru-paru stadium lanjut dan diberi tahu bahwa harapan hidupnya hanya sisa tiga sampai lima tahun. Ia sedih sekali, di tahun pertama ia sering berdoa dan menangis di hadapan Tuhan. Waktu Kim bertemu sahabatnya lagi pada tahun 2015, ia sudah lebih berserah kepada Tuhan dan memancarkan sukacita serta kedamaian yang menular ke banyak orang. Meski masih bergumul, penderitaan Kim yang berat itu diubah Tuhan menjadi kesaksian indah yang penuh harapan lewat semangat yang ia teruskan kepada orang lain.

Saat kita berada dalam situasi yang menakutkan, Allah sanggup mengubah ratapan kita menjadi tari-tarian. Meski keadaan dan situasi yang kita hadapi tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan, tetapi jangan lepaskan kepercayaan kita kepada Tuhan (Mzm. 30:2-4). Meskipun jalan yang harus kita tempuh bersimbah air mata, tetap tidak terhitung banyaknya alasan untuk memuji Dia (ay.5). Kita dapat bersukacita dalam Tuhan sebab Dia lah yang akan meneguhkan iman kita (ay.6-8). Hanya Tuhan lah yang dapat mengubah ratapan putus asa menjadi sukacita besar yang tidak tergantung pada keadaan (ay.12-13).

Jika saat ini ada diantara kita yang sedang mengalami kehilangan atau salah satu impian kita telah gagal, mungkin akan ada waktu dimana kita akan bersedih. Namun, jangan biarkan kita terlalu larut dalam kesedihan, kita harus bangkit dan bersukacita kembali. Ambil komitmen untuk percaya bahwa pada momen kebangkitan Tuhan yang besar ini, Tuhan juga akan mengubah kemuraman menjadi sukacita. Jangan biarkan kekecewaan menjadi tema utama di kehidupan kita. Belajar dari kisah Raja Daud, dimana ia menulis bahwa ratapannya telah menjadi tari-tarian. Sekalipun saat itu Daud mengalami tantangan dan pergumulan berat dalam hidupnya, namun ia tetap percaya kepada Tuhan dalam segala keadaan. Apapun yang akan terjadi, Daud yakin, Tuhan akan tetap bersamanya dan ia bersukacita karenanya. Kitapun bersukacita karena Tuhan akan mengerjakan kebangkitan dalam level yang belum pernah terjadi dalam hidup kita sebelumnya.

RENUNGAN

KEMURAMAN diubah menjadi SUKACITA karena ada KEBANGKITAN BESAR yang terjadi.

APLIKASI

1. Hal-hal apa yang membuat Anda kehilangan sukacita saat ini? Bagaimana respon Anda atas keadaan tersebut?
2. Menurut Anda, mengapa kebangkitan besar bisa membuat kemuraman menjadi sukacita?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk mengalami kebangkitan besar dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami tahu bahwa rancangan-mu dan jalan-Mu atas hidup kami adalah sempurna. Ajar kami untuk senantiasa percaya dan hanya berharap kepada-Mu, sehingga kami tetap bersukacita dalam segala keadaan. Kemuraman akan Kau ubah menjadi sukacita yang besar karena kuasa kebangkitan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!