Kedatangan-Nya Yang Kedua Adalah Berita Sukacita

BACAAN HARI INI
Yohanes 16:16-33

RHEMA HARI INI
Yohanes 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

Dahulu kala berdirilah sebuah kerajaan yang sangat kokoh kuat. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana. Pada suatu hari, raja memanggil putera mahkota dan menteri-menterinya. Raja berkata, “Anakku dan para menteriku, tidak berapa lama lagi aku akan membawa bala tentaraku untuk pergi ke tempat yang jauh. Aku tidak tahu, berapa lama kepergianku, tapi yang pasti pada suatu hari aku akan kembali. Selama aku tidak berada di tempat, tampuk kerajaan kuserahkan pada puteraku dan para menteri, hendaklah kalian membantunya menjaga kerajaan ini.” Dengan serempak para menteri menjawab, “Daulat, baginda raja!” Pada hari yang sudah ditentukan, raja bersama pasukannya meninggalkan kerajaan untuk pergi ke tempat yang jauh. Tidak berapa lama, setelah kepergian raja, para menteri berkomplot untuk merampas tampuk kerajaan dengan menangkap dan menganiaya putera mahkota dan memasukkannya ke dalam penjara. Dalam penderitaan yang sangat, putera mahkota hampir merasa putus asa. Namun perkataan ayahnya terus terngiang-ngiang di telinganya, “Aku tidak tahu, berapa lama akan pergi, tapi yang pasti, pada suatu hari aku akan kembali.” Inilah yang menjadi kekuatan bagi sang putera mahkota untuk terus berharap dan percaya. Sampai suatu hari, sang putera mahkota mendengar bahwa ayahnya sedang dalam perjalanan kembali ke kerajaannya. Betapa bersukacitanya sang putera mahkota itu. Kesedihannya lenyap seketika dan digantikan dengan semangat serta kekuatan baru. Dan benar saja, ayahnya benar-benar kembali. Lalu ia menumpas semua menteri yang memberontak kepadanya dan memenjarakan anaknya. Ayahnya membebaskan putera mahkotanya sehingga mendatangkan sukacita serta kemenangan besar bagi puteranya.

Berita kedatangan Tuhan yang kedua adalah berita sukacita dan kemenangan besar bagi setiap kita orang percaya. Dalam dunia ini, kita banyak mengalami pergumulan dan tantangan ketika kita berjuang untuk menjadi pelaku Firman dan mempersembahkan hidup yang berkenan di hadapan Tuhan. Tetapi ketika Tuhan datang menjemput kita, maka perjuangan kita sudah selesai, semua pergumulan kita lenyap, semua penderitaan kita sirna. Dan kita bisa melihat wajah Tuhan yang penuh dengan kemuliaan. Itulah saat sukacita besar bagi kita.

Itu sebabnya mari kita terus berjalan dan hidup dalam kehendak serta rencana Tuhan. Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri. Jadikan diri kita siap kapanpun Tuhan datang untuk kedua kalinya. Meskipun untuk menjadikan diri kita siap, ada harga yang harus kita bayar. Namun ketika kita terus menaruh pengharapan kita kepada Tuhan, maka kita akan mengalami sukacita besar saat Tuhan datang kedua kalinya, sebab harga yang kita bayarkan selama di dunia ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kemuliaan luar biasa yang Tuhan nyatakan bagi kita saat kedatangan-Nya yang kedua.

RENUNGAN
Berita kedatangan Yesus yang kedua adalah berita SUKACITA BESAR bagi kita umat percaya!

APLIKASI
Bagaimana saudara menanggapi berita kedatangan Tuhan yang kedua selama ini ? Merasa takut atau bersukacita ?

DOA UNTUK HARI INI
Kami sangat bersyukur Bapa karena kedatanganMu akan membawa sukacita yang besar bagi setiap kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Nahum 1
Wahyu 14