Kegagalan Untuk Pembenahan

BACAAN HARI INI
Ayub 42:1-6

RHEMA HARI INI
Ayub 42:6 Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu.”
Karena membutuhkan pendapatan untuk menghidupi keluarganya, Dudi memutuskan untuk mulai membuka usaha makanan ringan. Menurutnya usaha yang ia jalankan ini pasti berhasil karena usaha kuliner sedang bagus saat ini. Tapi Dudi tergesa-gesa dan gegabah dalam menjalankan bisnisnya, ia menghabiskan banyak modal untuk membeli perlengkapan memasak. Namun dalam perjalanan, bisnis Dudi mengalami banyak tantangan, mulai dari pegawai yang malas-malasan, beberapa kerusakan alat masak, hingga penjualan yang tidak maksimal.
Lima bulan setelah memulai usahanya, Dudi justru mengalami kerugian yang cukup besar. Modal yang ia keluarkan tidak kembali, justru ia mengeluarkan banyak uang tambahan untuk menambah modal. Akhirnya usahanya pun mengalami keterpurukan. Saat itulah Dudi mulai berpikir dan mencoba mengevaluasi diri. Selama ini ia begitu sombong dan merasa dirinya mampu sehingga sedari awal ia tidak berhati-hati meminta pendapat, masukan ataupun sungguh-sungguh mencari informasi mengenai bisnis makanan ringan. Terlebih dari itu, Dudi melupakan Tuhan, ia tidak meminta hikmat dan penyertaan Tuhan dalam bisnisnya. Sadar bahwa dirinya telah melakukan kesalahan, Dudi berbalik pada Tuhan, ia menyesal dan mengaku kesalahannya pada Tuhan. Dudi pun mengalami kelegaan hati yang luar biasa dan mendapatkan kembali semangatnya untuk bekerja.

Kegagalan bukanlah akhir, tetapi kegagalan merupakan hal penting yang memberikan pengalaman berharga bagi kita untuk bisa  belajar lebih baik di masa depan. Sekalipun Tuhan izinkan kita mengalami kegagalan, percayalah ini adalah sebuah proses pembelajaran yang berharga. Kita diajar untuk bisa berbenah diri, mengoreksi apa yang masih salah dan tidak berkenan di mata Tuhan. Supaya hidup kita benar-benar sesuai dan pantas untuk menerima janji Tuhan. Dan setelah kita mampu mengevaluasi diri, kita akan mendapat tuntunan dan petunjuk dari Tuhan untuk comeback dan mendapatkan kembali kemenangan besar yang telah Tuhan janjikan.

RENUNGAN
Sekalipun Tuhan IZINKAN kita GAGAL, tetapi kegagalan harus jadi PENGALAMAN BERHARGA untuk kita BERBENAH.

APLIKASI
1.    Apakah Anda pernah mengalami kegagalan atau sedang mengalaminya?
2.    Pelajaran apa yang dapat Anda petik dari kegagalan Anda?
3.    Apa langkah yang akan Anda ambil untuk bisa berbenah diri dan keluar dari kegagalan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Tuhan terima kasih atas semua hal yang terjadi dalam hidup kami. Kami yakin dan percaya Tuhan, bahwa kegagalan merupakan proses kami untuk belajar. Bimbing dan bentuk kami untuk bisa lebih baik lagi ya Tuhan, supaya kami mampu untuk berbenah dari kegagalan dan kesalahan kami di masa lalu. Jadikan kegagalan kami sebagai  pelajaran  yang berharga bagi hidup kami. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.