Kehidupan Doa Besar Membawa Kemenangan Besar

BACAAN HARI INI
Daniel 6:2-29

RHEMA HARI INI
Daniel 6:11 Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.

Kisah mengenai Daniel yang selamat sekalipun ia dimasukkan ke dalam gua singa adalah sebuah kisah yang sangat terkenal di kalangan umat kristiani. Bahkan sedari kecil di sekolah Minggu pun kisah ini diceritakan berulang-ulang kali. Apakah yang sebenarnya sangat istimewa dari Daniel? Seperti yang kita semua tahu, bahwa Daniel adalah seorang yang takut akan Tuhan. Tetapi bukanlah hal itu yang menjadikannya istimewa, melainkan kehidupan doanya. Ya, bagaimana ia menjalin relasi yang sangat dekat dengan Tuhan yang ia sembah, itulah yang pada akhirnya membuat nama Daniel ini sangat terkenal.

Karena hubungannya dengan Tuhan yang begitu dekat hingga Tuhan memberikan kasih karunia yang begitu rupa baginya. Sampai-sampai ia mendapatkan kedudukan tiga tertinggi setelah raja. Meski karenanya ia menjadi dibenci banyak orang dan banyak orang ingin mencelakainya, hal itu tidak sedikit pun membuatnya mengurangi waktu intimnya dengan Tuhan. Bahkan sekalipun ia harus dilemparkan ke gua singa pun, Daniel tetap setia menyembah Allah-nya sehingga Ia membebaskan Daniel dari terkaman singa-singa.

Tidak pernah sekalipun dalam sejarah kita mendengar ada orang yang lolos dari terkaman singa-singa lapar selain Daniel. Kehidupan doanya lah yang pada akhirnya menyelamatkannya. Sama seperti Daniel, ketika kita rindu mengalami keajaiban besar terjadi dalam kehidupan kita, maka kita pun juga harus membangun kehidupan doa yang intim secara konsisten dengan Allah yang dapat memberikan kita kemenangan yang besar.

RENUNGAN
Jika kita rindu mengalami KEMENANGAN BESAR, pastikan kita punya KEHIDUPAN DOA yang BESAR dan KONSISTEN.

APLIKASI
1.    Sudahkan Anda membangun kehidupan doa yang konsisten?
2.    Menurut Anda, bagaimana kehidupan doa yang besar dapat membawa kemenangan besar dalam hidup Anda?
3.    Langkah-langkah apakah yang akan Anda ambil untuk komitmen membangun kehidupan doa yang besar? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, mulai hari ini kami mau mengambil komitmen untuk setia dan konsisten membangun kehidupan doa kami. Sama seperti Daniel, kami pun juga rindu memiliki hubungan yang intim dengan-Mu. Dan kami percaya ketika kami menyenangkan hati-Mu, maka Engkau sendirilah yang akan memberikan kami kemenangan yang besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”