KEHIDUPAN YANG MUDAH NAIK DAN MUDAH TURUN

BACAAN HARI INI

Amsal 4:1-27

RHEMA HARI INI

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Menaiki roller coaster tentunya adalah sebuah pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi penggemar permainan yang memacu adrenalin. Bagaimana tidak, dengan kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi, penumpangnya di bawa naik, lalu menukik turun, masih dilanjutkan dengan putaran vertikal 360 derajat. Siapapun yang menaikinya akan merasa nyawanya dipertaruhkan. Meskipun ada sebagian orang yang sampai pusing dan mual tak tertahan, tapi sebagian besar yang memang sengaja menaiki wahana ini akan merasa sangat terhibur dan menikmati sensasi yang dirasakannya.
Naik turunnya roller coaster memang seru, tapi lain cerita jika hidup kita yang naik turun, up and down. Seperti kehidupan pernikahan Adi misalnya, rumah tangganya selalu diwarnai pertengkaran dengan istrinya. Mereka berdua sama-sama saling menyakiti, sehingga mereka semakin sulit untuk berkomunikasi dengan baik. Terkadang setelah mendengarkan khotbah atau mendapat masukan dari teman seiman, hati Adi merasa dikuatkan. Bahwa rumah tangganya bisa dipulihkan dan keluarganya akan menjadi keluarga yang bahagia dan diberkati Tuhan. Tapi perasaan itu tak bisa bertahan lama. Ketika ia kembali bertengkar hebat dengan istrinya, hati Adi dipenuhi kemarahan dan kebencian. Ingin sekali rasanya ia mengakhiri pernikahan yang telah dibinanya selama belasan tahun.
Adi merupakan gambaran orang yang jiwanya belum dipulihkan seutuhnya, mudah naik dan turun. Hari ini bisa optimis, minggu depan bisa sangat pesimis. Hari ini bisa sangat bersemangat, tetapi baru mengalami sedikit masalah bisa langsung merasa down. Kehidupan yang seperti ini jelas SANGAT MELELAHKAN. Seperti ban yang bocor, sekarang di pompa, besok kempis lagi. Lalu kita butuh dipompa lagi, tetapi kemudian kempis lagi. Ban yang seperti ini tidak mungkin bisa pergi terlalu jauh. Demikianlah hidup yang terus mengalami kebocoran akibat jiwa yang belum pulih, tidak akan bisa dibawa Tuhan berjalan jauh menuju kemenangan. Kita perlu mengalami pemulihan secara total, bukan hanya mengampuni, tapi juga benar-benar sembuh dari luka batin. Hanya dengan begitu kita akan bisa mensyukuri dan melihat Tuhan bekerja secara luar biasa, menggenapi setiap janji-Nya dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Orang yang hati dan jiwanya BELUM PULIH TOTAL akan mengalami hidup yang MUDAH NAIK dan MUDAH TURUN.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menilai kehidupan Anda sekarang? Apakah Anda termasuk orang yang hidupnya mudah naik dan mudah turun?
2. Coba periksa diri Anda, masihkah ada luka atau sesuatu yang belum beres dalam hati dan jiwa Anda?
3. Langkah apa yang harus Anda lakukan untuk bisa mengalami pemulihan secara total?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih Engkau telah membukakan kepada kami pentingnya mengalami pemulihan secara total. Bapa, Engkau yang maha mengetahui, sembuhkanlah hati, jiwa dan roh kami. Sembuh secara total dan menerima pemulihan atas kasih karunia-Mu. Agar hidup kami menjadi berarti dan bisa Kau pakai untuk pekerjaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!