Kelahiran Kristus Membawa Kasih Karunia Berlimpah Bagi Kita

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:1-18

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Di jaman Musa atau perjanjian lama, orang mengenal Allah sebagai Allah yang keras. Allah yang dengan tegas menghukum setiap pelanggaran dan dosa. Di jaman itu yang berlaku adalah hukum Taurat, yaitu hukum yang diberikan Allah kepada bangsa Israel dengan perantaraan Musa di gunung Sinai. Kita mengenalnya sebagai 10 perintah Allah, yang kemudian dijabarkan oleh Musa menjadi 613 perintah yang dicatat dalam kitab Taurat atau Taurat Musa. Saat itu berlaku hukum yang jelas, gigi ganti gigi, mata ganti mata, nyawa ganti nyawa.

Hal ini berarti bahwa pelanggaran terhadap hukum Taurat berakibat sangat fatal. Semua manusia telah berbuat dosa, sebab itu semua manusia seyogjanya telah binasa. Hukum tidak mempunyai kuasa untuk mengampuni pelanggarnya, hukum Taurat bertindak sebagai cermin yang menyatakan dosa atau noda dengan lebih jelas. Hukum Taurat berfungsi sebagai dasar pemerintahan Tuhan, dasar untuk menghakimi, cermin dosa, menghasilkan kutuk dan penuntun sampai Kristus datang. Jadi hukum Taurat bukan sebagai jalan untuk mendapatkan keselamatan.

Itu sebabnya momen ketika Yesus datang ke dunia disebut sebagai MOMEN KESUKAAN. Saat Yesus hadir di dunia, Dia membawa kasih karunia yang berlimpah-limpah untuk semua manusia yang percaya kepada-Nya. Karena kelahiran Yesus, kita tidak lagi hidup dibawah cengkraman kutuk dan kesialan, tapi dibawah naungan grace serta favor dari Tuhan. Di awali dengan kasih karunia keselamatan dan pengampunan, kasih karunia demi kasih karunia akan datang seperti gelombang lautan dalam hidup kita yang percaya. Sebab itu, di hari Natal ini, apapun yang sedang kita alami, jangan bersedih dan meratapi nasib. Bersukacitalah sebab Juruselamat kita telah lahir sejak 2000 tahun yang lalu. Dia datang untuk memberikan FAVORNYA yang besar bagi kita semua.

RENUNGAN
Karena KELAHIRAN YESUS, kita TIDAK LAGI HIDUP di bawah cengkeraman kutuk dan kesialan, tetapi di bawah naungan GRACE serta FAVOR dari Tuhan.

APLIKASI
1. Apakah perbedaan antara hukum Taurat dan hukum kasih Allah?
2. Sudahkah Anda menyadari apa yang dibawa oleh kelahiran Yesus Kristus ke dunia?
3. Bagaimana hal ini mempengaruhi Anda? Sukacita apa yang dibawa oleh kelahiran-Nya dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, karena kasih-Mu yang begitu besar Engkau mau lahir ke dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan kami. Tuhan, kami percaya, kasih-Mu tidak berhenti sampai di situ saja. Gelombang favor-Mu akan menyapu dan membanjiri setiap aspek kehidupan kami. Kasih-Mu akan Kau nyatakan tiada henti dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.