Kemampuan Untuk Mengubah Diri

Renungan Keluarga Allah
Senin, 17 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI

Mazmur 1:2-3 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Ketika Adam Khoo masih kecil, ia dicap sebagai anak malas, bodoh, terbelakang dan tidak punya harapan. Ia sukanya hanya main game komputer dan menonton TV. Kebiasaan buruknya membuat nilai pelajarannya anjlok. Kemudian ketika ia kelas 3 SD, ia terpaksa pindah sekolah karena dikeluarkan. Ketika SMP pun, Adam Khoo sempat ditolak di enam sekolah dan akhirnya hanya bisa diterima di sekolah yang terburuk.
Saat ia berusia 13 tahun, Adam Khoo dikirim orangtuanya ke SuperTeens BootCamp yang dikelola oleh Ernest Wong. Sewaktu mengikuti program itu, ia terkesan dengan perkataan Ernest Wong, “Semua orang bisa menjadi genius dan berhasil walaupun awalnya selalu gagal. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah ubahlah dirimu sesuai dengan standar-standar orang sukses.” Sejak itulah kepercayaan dan keyakinan diri Adam Khoo mulai berubah. Ia memiliki motivasi yang sangat kuat bahwa dirinya pasti bisa sukses.

Bukan perkara yang mudah untuk berubah. Namun kegigihan Adam Khoo membuat prestasinya melejit. Sampai ia diterima di Victoria Junior College, salah satu sekolah SMA terbaik di Singapura. Kemudian ia pun melanjutkan ke National University of Singapore yang merupakan universitas ternama di sana. Saat usianya 26 tahun, Adam Khoo memiliki empat usaha pekerjaan yang beromzet US$ 20 juta. Keberhasilan Adam Khoo ini berawal dari nasihat motivator terkenal dan disertai dengan kemampuan untuk mengubah diri.

Jauh sebelum tren seminar motivasi menjamur seperti sekarang ini, ada satu pribadi yang luar biasa, yang sudah mengajarkan kunci hidup sukses, bahkan memberikan contoh teladan tentang hidup berkemenangan. Namanya Yesus. Seorang motivator sejati. Kesulitan yang umum terjadi adalah ketidakmampuan kita untuk melangkah dan berubah sesuai perintah Tuhan. Sekarang juga, mari kita berdoa, minta kekuatan dari Tuhan untuk mulai bergerak. Saat kita mengubah diri kita sesuai perintah Tuhan, kita pasti akan lepas dari keterpurukan kita, kita pasti mengalahkan belenggu dosa, dan kita akan menang. Bahkan lebih dari pemenang. Amin.

RENUNGAN

Keberhasilan sangat ditentukan oleh KEMAMPUAN UNTUK MENGUBAH DIRI sesuai dengan perintah Tuhan

APLIKASI

  1. Menurut Anda, bagaimana keberhasilan itu dapat dicapai?
  2. Apakah hubungan antara keberhasilan dengan kemampuan untuk mengubah diri dan juga dengan perintah Tuhan?
  3. Perubahan apa yang sekiranya Tuhan inginkan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya, Tuhan, saat ini kamu berdoa untuk meminta kekuatan daripada-Mu. Beri kami kemampuan untuk berubah sesuai dengan perintah-Mu. Kami percaya, bahwa di dalam-Mu, Tuhan, kami lebih dari pemenang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ulangan 8-10