Kenapa Doaku Tidak Dijawab ?

BACAAN HARI INI
Markus 11:20-26

RHEMA HARI INI
Markus 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Pada usia 17 tahun, Mark Reuben akan mengikuti kejuaraan sepakbola tingkat nasional. Namun, hal yang tidak disangka terjadi. Mark berangkat dari rumah dengan tubuh yang sehat. Namun, setelah tiba di lapangan pertandingan, badannya mendadak panas. Mark demam tinggi. Akhirnya, pelatih melarang Mark untuk bertanding.

Demam yang membatalkan pertandingan penting Mark merubah segalanya. Mark tidak dapat lagi menggerakkan tubuhnya. Ia lumpuh total. Dokter yang memeriksanya pun sudah menyerah dengan keadaan ini. Mark akan lumpuh seumur hidupnya.

”Tuhan Yesus, semua dokter sudah menyerah. Kalau Engkau juga menyerah, aku pasti mati…” malam itu aku menangis sejadi-jadinya karena putus asa sampai aku tertidur.

Keesokan harinya, seluruh keluarga Mark berkumpul untuk mendoakan Mark. Saat sedang berdoa, tiba-tiba ada kilatan cahaya yang sangat terang mendekati Mark. Seluruh keluarga terkejut. Namun, sedetik kemudian, cahaya itu lenyap dan ajaibnya, Mark mulai dapat menggerakkan tangannya. Perlahan, Mark mulai berdiri dan menggerakkan seluruh tubuhnya. Penyakit itu lenyap!

Jika Anda sudah lama berdoa namun tidak kunjung mendapatkan jawabannya, mari hari ini kita belajar tentang doa yang berkuasa. Apa itu doa yang berkuasa? …Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Jawabannya ada di dalam ayat yang kita baca hari ini. Dalam bahasa Inggrisnya, kata “minta” dalam ayat tersebut disebutkan sebagai “desire” yang berarti keinginan. Keinginan pasti berasal dari hati, bukan? Dengan kata lain, doa yang berkuasa adalah doa yang dinaikkan dari hati.

Lalu, muncul sebuah pertanyaan, “Saya sudah menaikkan doa dari hati, namun mengapa tidak kunjung menerima jawabannya?” Nah, apakah keinginan hati Anda sama dengan keinginan hati Tuhan? Apakah jawaban doa tersebut hanya untuk memuaskan keinginan Anda sendiri? Apakah Anda sudah tahu rencana Tuhan dalam hidup Anda sebelum Anda berdoa? Jika belum, belajarlah untuk mengenali dan menyelami isi hati Pencipta Anda dulu. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Doa yang SESUAI DENGAN KEHENDAK BAPA akan mendatangkan perkenanan dan jawaban Tuhan atas hidup kita.

APLIKASI
 Apakah selama ini doa yang Anda panjatkan sudah sesuai dengan keinginan hati Bapa ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa dalam nama Yesus, ajar kami untuk berdoa sesuai dengan keinginan hati-Mu. Kami ingin belajar mengenal-Mu, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 30-31
Kisah Para Rasul 7:16-34