Kepenuhan Roh Kudus

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 19 April 2016

BACAAN HARI INI

Kisah 2:1-13

RHEMA HARI INI

Kisah 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Ada seorang anak dari seorang pesilat terkenal. Sejak kecil ia melihat ayahnya semangat berlatih agar makin hari makin handal dalam silatnya. Suatu kali sang ayah bertanya, “Nak, setiap hari kamu melihat aku berlatih. Tidakkah kamu jenuh?” “Tidak ayah, aku percaya bahwa kelak nanti ketika dewasa aku akan menjadi seperti ayah.” Sambil tersenyum, sang ayah memeluk anaknya dengan erat. Setiap hari dari waktu ke waktu sang anak hanya duduk dan melihat ayahnya berlatih tanpa berjuang untuk mencoba atau belajar. Anak ini hanya percaya bahwa ia pasti juga akan bisa sama seperti ayahnya, namun ia tidak mau bergerak untuk melatih dirinya agar memiliki kemampuan seperti ayahnya. Tahun demi tahun berganti, dan suatu ketika karena usia sang ayah sudah tua, sang ayah pun terkena serangan jantung dan meninggal dunia seketika itu juga. Pesilat terkenal hanya tinggal cerita saja dan tidak meninggalkan penerusnya. Sang anak tidak memiliki kuasa untuk melanjutkan bakat ayahnya, sebab ia hanya percaya saja namun tidak ada tindakan yang berarti untuk bisa memiliki kemampuan seperti ayahnya.

Ada banyak orang yang berkata ‘aku percaya’ tetapi tidak pernah bertindak untuk hidupnya dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus, sehingga doa-doanya tidak ada kuasanya, hidupnya penuh dengan kelemahan, kegagalan dan kekalahan. Padahal, kuasa yang disediakan oleh Tuhan adalah kuasa yang luar biasa yang sanggup menjadikan kita lebih daripada seorang pemenang.

Murid-murid Tuhan Yesus dikatakan sebagai orang percaya, tetapi hidup mereka tidak memiliki kuasa sebelum mereka bertindak minta kepenuhan Roh Kudus di loteng Yerusalem. Ketika mereka dipenuhi Roh Kudus saat peristiwa Pentakosta, saat itulah hidup mereka berubah, tiba-tiba kuasa Allah yang luar biasa menjadi nyata atas hidup mereka. Perkataan mereka penuh kuasa, doa-doa mereka penuh kuasa, hidup mereka menyatakan kuasa dan mujizat Tuhan secara luar biasa.

Itu sebabnya, hari ini ambillah keputusan untuk bertindak melangkah minta kepenuhan Roh Kudus, sebab hanya dengan dipenuhi Roh Kuduslah hidup kita akan penuh kuasa. Miliki waktu-waktu pribadi yang khusus untuk bersekutu intim dengan Tuhan. Jangan beranjak dulu dari ruang doa Anda sebelum Anda merasakan aliran-aliran kuasa Roh-Nya memenuhi hidup Anda. Ketika Anda merasakan aliran-aliran kuasa Roh-Nya, itulah saat yang tepat untuk menaikkan doa-doa Anda, sebab saat itulah doa-doa Anda menjadi doa yang penuh kuasa, yang akan menggerakkan tangan Tuhan untuk berkarya secara ajaib dalam hidup kita.

RENUNGAN

KEPENUHAN ROH KUDUS membuat kita bisa BERDOA DALAM ROH dan memiliki doa yang penuh kuasa.

APLIKASI

  1. Seberapa pentingkah hidup yang dipenuhi Roh Kudus bagi Anda?
  2. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya hidup Anda dipenuhi Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, biarlah hidup kami dipenuhi dengan Roh KudusMu sehingga setiap doa-doa kami penuh kuasa dan hidup kami penuh kemenangan, keberhasilan serta memuliakan nama-Mu. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 43-45