KESELAMATAN KELUARGA SANGAT DITENTUKAN DARI KEPALANYA

RHEMA HARI INI

1 Korintus 11:3 Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Bicara soal tubuh jasmani, semua orang tentu memahami bahwa kepala termasuk bagian tubuh yang sangat vital. Dimana di dalam kepala terdapat otak sebagai pusat kendali system syaraf. Dalam banyak kasus kecelakaan, kebanyakan orang akan masih bisa bertahan jika bagian tubuh lain yang terluka. Namun berbeda halnya jika kepala yang mengalami luka serius, maka akan bisa terjadi hal yang fatal atau bahkan kematian. Jadi bisa dikatakan bahwa keselamatan tubuh ditentukan oleh kepala.

Begitupun dalam kehidupan keluarga, seorang suami memiliki peran yang sangat vital. Dalam kitab Efesus 5:23 dikatakan bahwa suami yang adalah kepala isteri, dialah yang menyelamatkan tubuh. Mungkin hari-hari ini banyak pria yang melalaikan tugas dan peran pentingnya sebagai kepala, yang mewakili Tuhan untuk memimpin isteri dan keluarganya. Ada yang bahkan tanpa beban dan tanpa keberatan, mengalihkan perannya sebagai kepala kepada sang isteri. Para pria ini mungkin belum menyadari bahwa Tuhan telah memberi bagian tugas dan peranan yang berbeda, sebagai isteri dan suami dalam keluarga.

Para suami mungkin menganggap sang isteri lebih pandai, lebih cakap dan lebih kompeten menjalankan peran imam dalam keluarga. Tetapi peran isteri yang sebenarnya adalah sebagai penolong dan bukan kepala. Apa yang bukan bagian kita, jika dilakukan, pastinya tidak akan memberi hasil sebaik yang memang bagian kita. Percaya atau tidak, akan sangat berbeda hasilnya jika seorang suami menjalankan perannya sebagai kepala. Bagaimanapun wanita atau isteri, mempunyai naluri untuk mengikuti pimpinan, bukan untuk memimpin. Oleh sebab itu, jika para suami peduli akan keselamatan keluarganya, hendaklah ia mengambil dan menjalankan perannya sebagai kepala dengan takut akan Tuhan. Jangan sia-siakan amanat mulia beserta kuasa dan urapan yang telah Tuhan berikan untuk menjamin keselamatan keluarga kita. (PF)

RENUNGAN

Tubuh atau keluarga kita SELAMAT atau tidak, SANGAT DITENTUKAN dari KEPALANYA.

APLIKASI

1. Mengapa pria atau suami mempunyai peran yang sangat vital dalam keluarga?
2. Bisakah Anda menyebutkan beberapa peran suami sebagai kepala dalam menentukan keselamatan keluarganya?
3. Jika Anda adalah seorang suami, apa yang akan Anda lakukan untuk memastikan keselamatan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus, kami mengucap syukur atas pengajaran-Mu pada hari ini. Kami berdoa untuk setiap suami, agar mereka masing-masing menyadari peran pentingnya sebagai kepala yang menentukan keselamatan tubuh, yaitu keluarganya. Beri hati yang takut akan Engkau, keteguhan dan keberanian untuk memimpin isteri dan keluarga pada jalan-jalan keselamatan. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!