Keuntungan Satu Talenta

RHEMA HARI INI
Roma 12 : 13 “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.”
Banyak orang ingin jika dianggap dirinya adalah orang multi talenta. Bukan hanya akan timbul peningkatan atas penghargaan dirinya sendiri, namun ia pun akan lebih mudah diterima di berbagai komunitas dan pekerjaan. Bukankah sangat menyenangkan jika kita bisa mengerjakan banyak hal dalam hidup kita? Ada seorang yang bekerja sebagai jurnalis di sebuah surat kabar yang terkenal. Bukan hanya ia bisa menulis berita dengan baik, namun ia juga dikenal bisa memainkan gitar dan piano. Tak hanya itu, dia juga pintar memasak sejak ia remaja. Suatu ketika, ia mendapat tawaran untuk menjadi musisi di sebuah kafe yang terkenal di kotanya dengan jam kerja malam, yang artinya ia bisa melakukannya untuk menambah penghasilannya diluar jam kerjanya sebagai seorang jurnalis. Setelah ia menjalani dua pekerjaannya tersebut selama beberapa bulan, ia coba-coba memasak di kafe tersebut dan kepala chef yang mencicipi masakannya pun suka dengan hasilnya. Ia pun mendapat tawaran untuk menjadi salah satu chef. Haus dengan keinginan untuk mengubah kemampuannya menjadi uang, ia pun menyetujui tawaran itu dan bekerja sebagai chef pada hari liburnya. Boleh dibilang, ia hanya memiliki sedikit waktu untuk bersitirahat cukup dan berolah raga karena kesibukan pekerjaan-pekerjaannya. Makin hari kondisi tubuhnya semakin payah dan ia sering sakit-sakitan. Akhirnya, ia tak lagi menikmati pekerjaan-pekerjaan yang pada awalnya adalah kegemarannya. Tak lama, dokter berkata bahwa ia terkena hepatitis dan menganjurkan pria muda ini untuk memiliki waktu cukup beristirahat dan menjaga tubuhnya dengan olahraga dan makan sehat. Multi-talenta yang ia miliki menjadi sia-sia ketika ia tidak menggunakannya dengan bijak.

Memiliki banyak talenta adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun dibalik kebanggaan itu, ada tugas yang kita emban, lebih besar daripada mereka yang hanya memiliki satu talenta saja. Jika kita tidak bijak menggunakan dan mengembangkan semua talenta itu, kita justru akan mengalami kerugian. Anda perlu manajemen waktu dan hidup yang baik untuk memaksimalkan talenta-talenta Anda. Berbahagialah Anda yang merasa bahwa selama ini Anda hanya memiliki satu talenta, karena beban Anda lebih ringan dan jika Anda bijak dalam memfokuskan hidup Anda untuk mengembangkannya, Anda akan melihat bahwa satu talenta Anda akan membawa Anda ke puncak keberhasilan Anda.

RENUNGAN
Dipercayai dengan 1 talenta adalah sebuah KEUNTUNGAN, sebab kita bisa MEMFOKUSKAN hidup kita untuk mengembangkan 1 talenta tersebut dan menjadi BERHASIL!

APLIKASI
1. Hitunglah kembali seberapa besar talenta yang Tuhan berikan bagi Anda ?

2. Apa saja yang Anda lakukan untuk mengembangkan semuanya itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, curahkanlah hikmat dan kemampuan bagi hidup kami sehingga kami bisa memaksimalkan talenta yang sudah Engkau percayakan. Biarlah kami menggunakan semuanya itu dengan bijak dan Nama-Mu dipermuliakan melalui hidup kami. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.