Kobarkan Manusia Roh

RHEMA HARI INI
2 Timotius 1:6a “Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu….”

Dalam sejarah kekristenan, mengalami kebangunan rohani yang dahsyat dan luar biasa dari jaman ke jaman. Salah satu kebangunan rohani yang dahsyat itu terjadi di Welsh (Wales) pada tahun 1904 dan dimulai oleh satu orang bernama Evan Roberts. Dr. Campbel Morgan, dalam kotbahnya tentang kegerakan besar ini di Gereja Westminster tahun 1904 berkata. “Inilah kegerakan yang datang dari surga. Nggak ada kotbah-kotbah, aturan-aturan, buku-buku nyanyian, tidak ada paduan suara, tidak ada kolekte!…, Di sana ada organ tapi tak berbunyi. Ada pendeta tapi tak ada kotbah!” Tidak heran, karena saat itu orang sangat larut dalam suasana hadirat Allah. Surat kabar setempat menuliskan berita: Pengolok-pengolok bertobat, pemabuk-pemabuk, penjudi-penjudi dan pencuri-pencuri selamat. Dan beribu-ribu orang menjadi warga negara yang terhormat. Pengakuan dosa hebat-hebat terdengar, hutang-hutang lama dibayar. Gedung-gedung bioskop dan salon-salon bir dalam kesukaran karena kekurangan pengunjung. Beberapa sidang-sidang kepolisian benar-benar menjadi pengangguran. Dalam lima minggu 20.000 pertobatan diberitakan. Tuhan memakai Evan Roberts dengan luar biasa karena Evans adalah orang yang senantiasa mengobarkan manusia rohnya. Evan berdoa selama 4 jam dari pk. 01.00 lalu tidur pk. 05.00, bangun pk. 09.00 dan berdoa siang sampai pk. 12.00. Di bulan Desember 1903, Evan tahu bahwa akan ada kebangunan rohani besar-besaran terjadi di Wales. Di bulan Oktober 1904, Evan mendapatkan penglihatan yang jelas mengenai kebangunan rohani yang akan terjadi di Wales. Tanggal 31 Oktober 1904 Evan memulai pelayanannya di sebuah gereja kecil. Sejak saat itu selama 2 minggu terjadilah ledakan kebangunan rohani yang besar.

Melalui Firman Tuhan yang kita terima hari-hari ini, kita pun diingatkan untuk senantiasa mengobarkan manusia roh kita. Pertajam manusia roh kita dengan memupuk hubungan yang melekat dengan Tuhan senantiasa. Utamakanlah kehidupan roh Anda. Dengan manusia roh yang aktif ini, kita akan peka terhadap tuntunan Roh Kudus, dan tidak mustahil jika Tuhan memakai Anda untuk menjadi penggerak kebangunan rohani berikutnya!

RENUNGAN
Kobarkan karunia Roh yang sudah kita terima, sehingga makin hari MANUSIA ROH kita akan makin TAJAM dan KUAT!

APLIKASI
1. Mari uji diri kita, seberapa banyak kita mengagendakan waktu untuk membangun roh kita dibandingkan melakukan aktivitas yang lainnya ?
2. Apa saja yang anda masukkan dalam agenda harian anda yang termasuk dalam kegiatan mempertajam karunia Roh ?

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih Tuhan Yesus karena melalui Roh-Mu yang Kudus, setiap kami boleh hidup dengan kemenangan senantiasa. Bapa, ingatkan kami senantiasa untuk terus mengobarkan karunia Roh yang ada dalam hidup kami sehingga kami pun bisa melakukan banyak hal yang mencengangkan dunia dan Nama-Mu dipermuliakan melalui hidup kami. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.